5 Tips Memilih Sprei Untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

Tidur memang sangat penting bagi tubuh, bahkan manusia menghabiskan ¼ hidupnya untuk tidur loh! Oleh karena itu, tempat tidur harus didesain senyaman mungkin agar tidur kita tetap nyenyak. Tak hanya tempat tidur yang harus diperhatikan, tapi sprei juga harus di pilih dengan benar.

5 Tips Memilih Sprei Untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

BACA JUGA: Tips Cerdas Memilih Gorden yang Cocok Untuk Rumah Minimalis

Tak sulit memilih sprei yang pas dan bisa membuat kualitas tidur anda jadi lebih baik. Karena salah pilih sprei bisa-bisa tempat tidur anda jadi tidak nyaman dan tidur anda jadi tidak nyenyak. Untuk memilih sprei yang benar, ada 5 hal yang harus anda perhatikan dikutip dari majalahasri.

Sesuaikan dengan Ukuran Tempat Tidur

Tempat tidur di rumah Anda berupa springbed, kasur, atau busa, pastikan ukurannya sesuai dengan sprei yang Anda pilih. Pastikan terlebih dahulu ukuran panjang dan lebar tempat tidur Anda.  Pada umumnya, tempat tidur terbagi menjadi berbagai jenis; Single (100 x 200 cm), Super Single / Twin (120 x 200 cm),  Queen (160 x 200 cm), King (180 x 200 cm) dan Extra King (200 x 200 cm). Jangan sampai Anda membeli sprei yang ukurannya lebih kecil dari tempat tidur Anda. Ukuran sprei dan tempat tidur yang tidak sesuai akan membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman.

Pilih Bahan yang Nyaman

Tidur yang berkualitas terbantu dengan kain sprei yang nyaman. Tidak hanya sekadar tampilannya yang cantik dan harganya terjangkau saja, pilih yang bahannya tidak panas dan bertekstur lembut serta mudah dicuci. Terdapat banyak bahan sprei yang beredar di pasaran, seperti polyster, katun, sutra, rayon dan sebagainya. 

Katun merupakan salah satu bahan sprei yang paling baik kualitasnya karena katun mudah menyerap panas dan awet. Untuk memastikannya Anda perlu menyentuhnya terlebih dahulu, jangan pilih sprei yang berbahan kasar dan kaku.

Mencari Referensi

Tidak semua barang murah berarti bermutu dan semua barang mahal berarti berkualitas. Agar tidak tertipu, rajin-rajinlah mencari referensi dari para pemakai merk-merk sprei yang hendak Anda beli. Untuk yang satu ini Anda bisa bertanya pada keluarga atau berselancar mencari merk-merkl sprei yang bagus beserta komentar orang-orang yang pernah memakainya.

Hindari Warna yang Luntur

Jangan tertipu warna yang cantik dan harga yang murah. Sprei yang berkualitas rendah bisa menipu mata Anda sesaat dan ketika dicuci atau bahkan dipegang warnanya bisa saja luntur. Memang agak sulit untuk mengetahuinya, namun jika ketika Anda sentuh ada warna yang menempel pada jari Anda, jangan beli sprei tersebut. Untuk lebih amannya lagi tanyakan kualitas tersebut langsung pada penjualnya, dan apa jaminannya jika sprei tersebut tidak luntur.

Warna dan Motif

Jika Anda sudah menentukan bahan, ukuran, dan merk sprei yang hendak Anda beli, yang terakhir adalah tentukan warna dan motif yang Anda inginkan. Sesuaikan warna dan motif sprei dengan tema atau konsep kamar tidur Anda. Sesuaikan juga dengan kepribadian Anda. Hindari motif yang rumit dan berlebihan serta warna yang meriah jika Anda sebenarnya tidak suka hal-hal yang mencolok. Ingat bahwa keutamaan tidur Anda adalah kenyamanan, bukan tampilan sprei Anda.

Tak sulit kan? Dengan memilih sprei yang benar untuk tempat tidur anda, pasti kualitas tidur andapun juga lebih baik dan lebih nyenyak. Semoga bermanfaat. 

loading...
Top