5 Tips Membangun Rumah dengan Budget Murah Namun Menghasilkan Kualitas Rumah yang Bagus

Naiknya harga bbm berimbas pada kenaikan harga-harga barang di pasaran. Tak hanya sembako, tapi juga harga bahan-bahan bangunan. Sehingga budget atau dana yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah semakin membengkak. Tentunya hal ini akan membuat Anda berpikir dua kali dalam menentukan pilihan apakah akan membangun rumah saat ini atau menunda hingga harga bahan bangunan kembali normal? Namun, sepertinya cara itu kurang efektif, karena hanya akan membuang-buang waktu saja dan tidak menjadi solusi bagi Anda yang sudah sangat membutuhkan sebuah tempat tinggal dengan segera.

Tips Membangun Rumah dengan Budget Murah Namun Berkualitas

Rumah yang bagus dan berkualitas baik tidak harus dibangun dengan biaya yang mahal, namun bisa disiasati dengan beberapa hal sehingga menjadikan rumah tetap bagus berkualitas. Rumah murah tidak selalu murahan, tetapi harus perhatikan dahulu tips dan trik ketika akan membangun rumah. Ini adalah ide yang mahal ketika kita harus berhadapan dengan mahalnya bahan bangunan untuk rumah yang bagus. Berikut ini tips bagaimana cara membangun rumah dengan budget murah namun menghasilkan kualitas rumah yang bagus:

1. Menggunakan Desain Rumah Tipe Minimalis

Tips Membangun Rumah dengan Budget Murah Namun Berkualitas

Pilihlah desain rumah tipe minimalis untuk rancangan rumah Anda. Dengan konsep desain minimalis, akan menjadikan rumah Anda sederhana dan murah namun bisa berpotensi menjadi rumah yang berkualitas dan bagus. Kelebihan dari desain rumah dengan tipe minimalis ini sangat efisien dalam menggunakan bahan bangunan, hemat ruang serta hemat biaya. Desain rumah minimalis telah dikenal dengan model desain rumah yang sederhana namun tetap memiliki kesan modern dan mewah. Tak bisa di pungkiri desain rumah ini sedang digandrungi oleh para pecinta properti saat ini. Selain karena model bangunannya yang simple, desain minimalis terbukti lebih murah untuk biaya pembangunannya.

2. Gunakan Ruangan Multi Fungsi Untuk Menghemat Biaya

Tips Membangun Rumah dengan Budget Murah Namun Berkualitas

Gunkanlah ruang yang multi fungsi untuk rumah Anda, hal ini juga bisa menghemat biaya pembangunan rumah. Karena dengan makin sedikitnya jumlah ruangan, tentu biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan bangunan semakin sedikit pula. Penggunaan ruangan multi fungsi yaitu seperti, ruang tamu yang juga sebagai ruang keluarga atau dapur yang menyatu dengan ruang makan. Selain ruang yang berfungsi ganda, Anda juga bisa menggunakan furniture atau perabot rumah yang multi fungsi juga, untuk melakukan penghematan tempat maupun biaya.

3. Buat Perencanaan Pembangunan Rumah yang Matang

Tips Membangun Rumah dengan Budget Murah Namun Berkualitas

Perencanaan adalah hal yang paling mendasar ketika kita hendak membangun sebuah rumah. Pembangunan rumah yang tak sesuai rencana akan bisa merubah biaya ketika pembangaunan rumah sedang berlangsung. Hal ini menyangkut semua hal ketika Anda membangun sebuah rumah, seperti pemilihan sumber daya dan waktu untuk menyelesaikan pembangunan rumah. Maka dari itu, pilihlah tukang bangunan atau pemborong profesional yang sudah ahli dibidangnya. Hal ini tentu akan dapat menghemat waktu maupun biaya pembuatan rumah, karena dikerjakan oleh sumber daya manusia yang benar-benar mampu mewujudkan rumah bagus sesuai dengan keinginan. Selain itu, pemilihan waktu yang tepat juga dapat membuat pembangunan rumah lebih cepat dan efisien. Misalnya, menghindari pembangunan rumah selama musim hujan, dan sebagainya.

4. Pilih Bahan Bangunan Berkualitas Namun Memiliki Harga yang Murah

Tips Membangun Rumah dengan Budget Murah Namun Berkualitas

Seni dalam membangun sebuah rumah juga bergantung pada bagaimana cara memilih bahan material bangunannya. Bahan material berkualitas tak selalu memiliki harga yang mahal. Cara paling sederhana untuk bisa mendapatkan bahan material bangunan berkualitas dengan harga murah adalah dengan mencari informasi harga sebanyak-banyaknya dengan para supplier bahan bangunan di sekitar rumah Anda. Bandingkan seluruh informasi harga yang telah Anda dapat dari beberapa supplier bahan bangunan, lalu pilih yang termurah. Namun, jangan sekali-kali membeli bahan bangunan dengan kualitas yang tidak jelas. Selain harga, kita juga harus memperhatikan keawetan dan ketahanan dari bahan bangunan tersebut. Jangan sampai kita mengeluarkan biaya tak terduga di lain waktu untuk perbaikan yang dikarenakan kesalahan dalam pemilihan bahan bangunan yang kurang tepat.

Anda bisa juga memanfaatkan diskon dari bahan bangunan yang dijual. Selama bahan bangunan yang di diskon memiliki kualitas yang hampir sama dengan bahan bangunan yang tidak didiskon. Tak perlu sungkan dan malu untuk menanyakan bahan bangunan apa saja yang sedang didiskon. Dengan mahalnya harga material saat ini, maka diskon 10% pun akan sangat terasa terhadap anggaran pembangunan rumah kita.

5. Mencari pemborong

Tips Membangun Rumah dengan Budget Murah Namun Berkualitas

Cara terakhir yakni mencari pemborongan (borongan), bila kita tidak punya cukup waktu mengatur belanja dan segala macam terkait mendirikan rumah. Harga yang ditawarkan kontraktor pembangun rumah umumnya dapat ditawarkan, dan diturunkan sesuai kebutuhan yang diminta.

Itulah ide dan tips tentang bagaimana cara membangun rumah murah namun memiliki kualitas yang bagus. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda, di kala harga-harga bahan bangunan dan sumber daya untuk membangun sebuah rumah yang semakin melambung tinggi. Semoga dengan menerapkan beberapa tips sederhana di atas, impian Anda untuk memiliki sebuah hunian idaman dapat segera terwujud.
loading...
Top