5 Tanaman Berikut Ini Sangat Cocok Untuk Mempercantik Halaman Anda

Dari dulu bunga memang dipakai sebagai mempercantik sebuah rumah atau halaman. Ada sebagian bunga yang memiliki khasiat, tapi ada juga bunga yang beracun. Untuk menghias halaman anda lebih baik menggunakan pohon atau bunga yang cerah dan menyejukkan.



Tapi ternyata, semua tanaman tidak bisa digunakan sebagai tanaman penghias atau penyejuk rumah/halaman anda. 5 tanaman ini sangat cocok loh untuk digunakan memperindah halaman anda.

1. Bunga melati


Bunga melati merupakan jenis tanaman perdu dan memiliki batang tegak, banyak orang suka menanamnya karena terpikat dengan bau harum bunganya yang sering keluar pada malam hari. Di Indonesia, kebanyakan melati yang ditanam di halaman rumah adalah jenis melati putih (Jasminum sambac), salah satu jenis melati yang dijadikan sebagai "Puspa Bangsa" atau simbol nasional.

2. Kembang sepatu


Di Tiongkok, bunga yang berwarna merah digunakan sebagai bahan pewarna makanan. Kembang sepatu termasuk dalam tanaman semak yang berasal dari Asia Timur. Kecantikan bunga sepatu yang memiliki bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau inilah yang menjadikannya disukai oleh banyak orang untuk ditanam di halaman rumah mereka. Menurut situs Wikipedia, kembang sepatu banyak dijadikan tanaman hias karena bunganya yang cantik.

3. Bambu


Di Indonesia sendiri terdapat kurang lebih 160 jenis bambu, dan 88 diantarnya adalah jenis bambu endemik. Keunikan bambu dan manfaat yang dihasilkan membuatnya disukai untuk ditanam di halaman atau pekarangan rumah.

Jika Anda tertarik untuk menanam bambu khususnya bila akan ditanam di halaman rumah yang tidak terlalu luas pilihlan jenis bambu hias. Dan ternyata, bamboo juga tanaman yang menghasilkan oksigen terbanyak loh, jadi rumah anda akan lebih sejuk ketika di tanami bamboo.

4. Pohon kamboja


Jika Anda berkunjung ke Pulau Dewata Bali, maka mata Anda akan dimanjakan dengan banyaknya pohon kamboja berbagai macam jenis yang tumbuh hampir di setiap sudut kota. Warna-warni bunga pohon kamboja sangat cocok untuk ditanam di depan halaman rumah untuk semakin menambah keindahan rumah Anda.

5. Beluntas atau luntas


Beluntas merupakan tumbuhan semak yang memiliki banyak cabang, memiliki usuk halus dan berbulu lembut. Umumnya beluntas ditanam sebagai pagar hidup di pekarangan atau halaman rumah, bila tidak dipangkas beluntas dapat tumbuh hingga mencapai lebih dari 3 meter. Khasiat lain dari beluntas yaitu sebagai minuman kesehatan dan penyegar pada beberapa jenis olahan makanan.


Tanaman diatas memang sangat cocok digunakan sebagai penghias halaman anda. Selain warnanya yang cantik dan indah, ternyata beberapa tanaman juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Dan yang paling penting agar halaman tetap cantik, harus selalu dibersihkan ya.. Semoga bermanfaat

loading...
Top