4 Langkah Cermat Menabung Ketika Menerima Gaji

Ada 2 tipe orang ketika menerima gaji, yaitu yang langsung habis dalam 1-6 hari dan tipe kedua adalah orang yang menabung gajiannya tersebut untuk kebutuhan mendatang. Orang tipe pertama memang cenderung boros dan suka menghabiskan duit saat itu juga, dan itu adalah kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan.




Menabung gaji memang bukan lah perkara yang mudah, apalagi bagi tipe orang pertama. Untuk itulah, 4 langkah berikut ini adalah langkah awal agar sukses dalam menabung ketika menerima gaji.

1. Berkomitmen 


Sebelum memulai menabung, kamu harus berkomitmen mengapa kamu ingin menabung. Kamu harus memiliki tujuan yang cukup kuat untuk mengendalikan sifat borosmu yang ingin memuaskan semua keinginanmu. Misalnya kamu menabung dengan tujuan untuk modal nikah, membeli rumah, membeli mobil, atau kamu memiliki target untuk memiliki uang sejumlah sekian pada beberapa tahun ke depan. Apapun tujuannya, pastikan tujuan itu bisa memaksa kamu untuk memperketat pengeluaran kamu.

2. Berapa yang Harus Anda Tabung? 


Peneliti menyarankan biaya yang harus ditabung ketika gajian adalah 10% dari gaji tersebut. Perhitungkan perkiraan semua prioritas pengeluaranmu dalam sebulan dan juga semua aspek pengeluaran lainnya dengan teliti untuk memiliki perkiraan yang pasti. Bila sudah memiliki perkiraan yang teliti, kamu bisa lebih mudah dalam menentukan jumlah yang akan ditabung.

3. Langsung Tabungkan Gaji Anda


Waktu yang baik ketika menabung gaji adalah saat menerima gaji tersebut. Hal ini harus kamu lakukan supaya dana yang akan kamu pakai untuk ditabung tidak terpakai untuk hal-hal lainnya. Bila kamu baru menyisihkan gaji ketika di akhir bulan, maka jumlah tabungan bulanan kamu belum tentu sama besarnya.

4. Kedisiplinan


Ini adalah langkah yang paling penting yaitu disiplin. Disiplin merupakan kunci utama yang menentukan kesuksesan kamu dalam menabung. Semua langkah di atas akan menjadi sia-sia jika kamu tidak disiplin dalam melakukannya. Supaya kamu bisa disiplin dalam menabung, kamu harus selalu ingat tujuan dan komitmen yang sudah kamu buat di awal tadi. Jadi, jika mau pandai menabung dan punya banyak uang, disiplinkan dirimu.

Nah, gampang sekali kan.. Jadi bagi anda yang ingin menabung atau bingung bagaimana cara menabung gaji yang efisien, anda bisa mengikuti langkah-langkah tersebut diatas.. Semoga bermanfaat.

Sumber: cermati 
loading...
Top