15 Macam Siksaan Bagi Orang yang Meninggalkan Sholat Fardhu


Dalam keadaan apapun kita wajib laksanakan shalat

Yang namanya kewajiban itu harus kita laksanakan kita, dan setelah itu kita menerima hak. Ibarat bekerja di suatu perusahaan kita tidak dibayar jika tidak melaksanakan kewajiban. Namun tidak dengan kemurahan Allah yang Maha Besar dan Maha Pemurah.

Kita diberikan begitu besar kenikmatan dan kesempurnaan di dunia ini. Namun kita juga diberikan kewajiban untuk selalu mengingatnya dengan cara menjauhi segala laranganNya dan melaksanakan segala perintahNya. Utama hal yang wajib, seperti ibadah shalat fardhu 5 waktu.

Sabda Nabi SAW: “Barang siapa yang menyepelekan sholat (menggampangkan sholat), maka Allah akan menyiksanya dengan lima belas macam siksaan; enam siksaan di dunia, tiga siksaan ketika menjelang mati, tiga siksaan dialam kubur dan tiga siksaan ketika keluar dari alam kubur“. (Qurtubi(Qurratul ‘uyun: hlm.2)).
Berikut penjelasan lebih lanjut kami kutip dari catatanmuslimah.com,

6 Macam Siksaan Ketika Di Dunia

Adapun 6 macam siksaan yang akan Allah berikan pada orang yang meninggalkan sholat atau melalaikan sholat ketika masih hidup di dunia yaitu sebagai berikut :

1. Allah akan menghilangkan keberkahan dari umurnya;
2. Tanda kesholehannya akan dihapus oleh Allah dari keningnya;
3. Semua amalnya tidak akan diberi pahala oleh Allah SWT;
4. Allah SWT tidak akan mengangakat doanya ke langit;
5. Semua makhluk di dunia akan menyepelekannya;
6. Dia tidak akan mendaapatkan bagian doanya orang-orang sholeh.

3 Macam siksaan Ketika Sakarotul Maut

Adapun 3 macam siksaan yang akan Allah berikan pada orang-orang yang suka meninggalkan sholat ketika sakaratul maut yaitu sebagai berikut :

1. Bahwasanya orang yang meninggalkan sholat dia akan mati dalam keadaan hina;
2. Bahwasanya orang yang meninggalkan sholat dia akan mati dalam keadaan lapar;
3. Bahwasanya orang yang meninggalkan sholat dia akan mati dalam keadaan haus, walau air lautan di dunia diminumkan kepadanya, maka tetap tidak akan pernah menghilangkan rasa haus dahaganya.

3 Macam Siksaan Ketika Berada Di Alam Kubur

Adapun 3 Macam siksaan yang akan diberikan Allah kepada orang yang meninggalkan sholat atau melalaikannya ketika sudah berada di alam kubur yaitu :

1. Kuburnya akan disempitkan oleh Allah dan dihimpitnya sampai tulang rusuknya hancur berantakan;
2. Didalam kuburnya akan dinyalakan api neraka, kemudian orang yang meninggalkan sholat siang malam, ia akan dipanggang dan dibolak-balikan diatas bara api tersebut;
3. Ular yang bernama Syuja’al-Aqro’ akan datang pada orang-orang yang meninggalkan sholat. Ular syuja’al aqro’ itu tercipta dari api neraka, kukunya terbuat dari besi, dan setiap kuku panjangnya seperti ukuran perjalanan satu hari.

Ular itu akan berkata kepadanya : “Aku ini Syuja’al-Aqro’, suaranya bagaikan petir yang menyambar, dan ular itu berkata: “Tuhanku menyuruhku agar memukulmu karena telah menyia-nyiakan sholat shubuh dari shubuh sampai dzuhur, dan agar memukulmu karena telah menyia-nyiakan sholat dzuhur dari dzuhur sampai asar, dan agar memukulmu karena menyia-nyiakan sholat asar dari asar sampai magrib, dan agar memukulmu karena menyia-nyiakan sholat magrib dari magrib sampai isya, dan agar memukulmu karena menyia-nyiakan sholat isya dari isya sampai shubuh. Ketika ular itu memukulnya satu kali pukulan, maka yang dipukulnya masuk kedalam tanah sedalam ukuran 70 hasta, lalu ular Syuja’al-Aqro’ memasukkan kuku-kukunya kebawah tanah dan kemudian mengeluarkannya kembali, dan siksaan itu tiada henti-hentinya sampai hari kiamat, maka kita mohon perlindungan kepada Allah dari siksa kubur.” (Qurtubi (Qurratul ‘uyun; hlm.4)).

3 Macam Siksaan Pada Hari Kiamat

Adapun 3 macam siksaan yang Allah berikan kepada orang yang meninggalkan sholat pada hari akhir atau kiamat yaitu :

1. Allah akan menggabungkan bersama orang-orang yang diseret mukanya ke neraka Jahannam;
2. Allah akan melihatnya dengan pandangan yang benci atau murka pada waktu dihisab, sehingga daging mukanya meleleh berjatuhan;
3. Allah akan menghisabnya dengan hisaban yang sangat berat dan tiada guna atasnya dari kelebihan apapun untuk selama-lamanya, dan Allah ‘Azza wa jalla memerintahkannya ke neraka sejelek-jelek tempat menetap.

Selain itupun kita dapat temukan ayat Allah dalam Q.S Al-Ma’un ayat: 4-5 yang artinya “Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap shalatnya“.

Begitu banyak ancaman, siksaan, kehinaan yang Allah berikan bagi orang-orang yang tidak mau bersujud kepada Allah dan termasuk orang-orang yang lalai dalam sholatnya. Masih banyak ilmu Allah yang belum kita ketahui secara luasnya. Namun, dengan beberapa ilmu yang telah disampaikan kepada kita hendaknya membuat hati greget dan iman semakin kuat, sehingga takutlah jika kita sudah mengetahuinya. Karena dunia itu merupakan nerakanya bagi orang mukmin dan surganya bagi orang-orang kafir.

Baca Juga : Astagfirullah! Begini Keadaan Jenazah Orang yang Tak Mau Shalat Semasa Hidupnya

Adapun bahaya bagi yang meninggalkan sholat lima waktu yakni:
Jika meninggalkan sholat:

Shubuh : Maka Allah akan menenggelamkannya kedalam Neraka Jahannam selama 60 tahun. Jadi kurang lebih 60.000 tahun jika mengikuti hitungan di dunia. Karena 1000 tahun di dunia sama seperti 1 hari di akhirat.

Dzuhur : Yang meninggalkan sholat dzuhur sama seperti dosanya orang yang membunuh 1000 muslim.

Ashar : Seperti dosanya orang yang menghancurkan ka’bah.

Magrib : Sama seperti dosanya orang yang berzina dengan orangtuanya sendiri

Isya : Sesungguhnya Allah ta’ala berseru: “Hai orang yang meninggalkan sholat isya, bahwa Aku tidak ridho jika kamu tinggal dibumiKu dan menggunakan segala nikmat-nikmatKu, segala yang dikerjakan dan digunakan ialah berdosa kepada Allah SWT“.

Adapun alasan-alasan orang yang meninggalkan sholat biasanya adalah:
Meninggalkan sholat shubuh karena kesiangan; meninggalkan sholat dzuhur karena kesibukan; meninggalkan sholat ashar karena diperjalanan; meinggalkan sholat magrib karena kecapean dan meninggalkan sholat isya karena ketiduran.

Naudzubillahi min dzalik. Jangan sampai kita terpedaya dengan godaan syetan, sesungguhnya mereka tertawa terbahak-bahak jika melihat umat Nabi Muhammad SAW berhasil ia goda sehingga berani meninggalkan sholat dimana ancaman meninggalkan dan melalaikannya adalah sangat-sangat pedih.

Semoga ini bisa menjadi bahan renungan bagi kita semua umat muslim dan kita senantiasa selalu menegakkan kewajiban sholat lima waktu secara istiqomah, selalu tepat pada waktunya dan istiqomah hingga ajal menjemput. Semoga ketika waktunya telah tiba, kita selalu siap dan mati dalam keadaan khusnul khotimah. Aamiin Ya Robbal ‘Aalamiin.
Top