Yuk! Kerja Dengan Baik Layaknya Tuyul

Penulis Unknown | Ditayangkan 04 Oct 2016

Sudah tahu kan siapa tuyul? Yap, tuyul adalah jin berbentuk mirip seperti anak manusia dan hobi banget nyolong duit orang untuk diberikan kepada majikannya.

Yuk! Kerja Dengan Baik Layaknya Tuyul

BACA JUGA: Begini 3 Cara Setan Sesatkan Manusia Lewat Sajadah

Tentu saja mencuri bukanlah hal yang baik. Tapi kalau kita lihat lebih detail lagi, tuyul juga memiliki prinsip yang patut kita tiru ketika kita bekerja. Berikut ulasannya, seperti yang dikutip wajibbaca dari Islampos.

1. Tanpa Dilihat Orang

Ya, kita tahu bahwa cara kerja tuyul itu tidak terlihat. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihatnya. Begitu pula kita dalam bekerja jangan hanya selalu ingin dilihat orang.  Bekerja memang tidak boleh berhaap agar kita dilihat banyak orang, tapi hasil yang nyata.

 2. Tidak Butuh Pujian

Ketika tuyul bekerja, tentu tidak ada satu orang pun yang memujinya. Dan ia memang tidak butuh untuk dipuji. Nah, kita pun mesti bersikap demikian. Pujian itu bisa saja menjadi bumerang bagi kita. Ketika diri kita ingin dipuji, boleh jadi Allah tidak menyukainya, hingga Allah membuat kinerja kerja kita pun menjadi menurun, akibat rasa bangga diri yang berlebihan. Alhasil, bukanlah pujian yang didapat, melainkan cacian dan hinaan.

3. Tidak Gila Jabatan

Tuyul bekerja sebagaimana mestinya. Ia tidak memikirkan adanya kenaikan jabatan yang akan diperoleh jika mampu menghasilkan uang yang banyak. Begitu pula dalam pola berpikir kita. Kita bisa belajar dari tuyul yang tidak gila jabatan. Bekerjalah dengan sungguh-sungguh, bukan untuk memperoleh jabatan. Jika kita mampu bekerja dengan baik, sesuai dengan syariat Islam, maka insyaAllah, Allah akan menaikkan derajat kita. Dan masalah jabatan, itu menjadi hal kecil bagi Allah. Yang penting, kita niatkan ikhtiar, bekerja hanya karena Allah.

4. Tidak Usah Cari Perhatian

Mencari perhatian orang lain, itu bukan tuyul namanya. Sebab, perhatian tidak berpengaruh padanya. Kita pun perlu mengikuti sikap tuyul yang satu ini. Jangan sampai kita bekerja hanya untuk diperhatikan saja. Sebab, perhatian dari manusia itu belum tentu memberi perubahan dalam hidup kita. Apalagi, apa yang diinginkan oleh kita, yakni untuk diperhatikan itu tidak terpenuhi, boleh jadi kita menjadi patah semangat dalam bekerja. Sehingga, kita tak bisa bekerja dengan baik.

Satu hal lagi yang membuat tuyul sukses, mereka bekerja dengan sepenuh hati dan setia kepada atasannya. Tapi yang harus kita ingat ingawalaupun kita menerapkan prinsip diatas, janganlah menggunakan metode layaknya tuyul yakni mencuri, apalagi mempekerjakan tuyul..
SHARE ARTIKEL