Waspada Saat Beli Es! Ini Cara Mudah Membedakan Es Batu Air Mentah dan Matang



Siapa juga pasti seneng saat diteriknya matahari yang menyengat kemudian minum yang segar-segar seperti air es misalnya. Tapi yakinkah kamu bahwa es batu yang kamu kosumsi itu aman? Pasalnya bukan tidak mungkin, es batu yang yang kamu kosumsi terbuat dari air mentah dan bisa membahayakan kesehatanmu.

Dilansir dari tribuntravel, es batu yang terbuat dari air mentah mengandung bakteri yang membahayakan kesehatanmu, bernama Escherichia coli. Bakteri E Coli ini dipercaya bisa memicu masalah pencernaan mulai dari diare ataupun muntaber. Lebih parahnya lagi, bakteri ini juga dapat merusak ginjal dan usus. Es batu yang terbuat dari air mentah tidak tersterilisasi oleh proses pemanasan saat merebus.

Baca Juga : Keren! Hanya dengan Kulit Kentang, Rambut Beruban Anda Akan Berubah Hitam dalam Hitungan Menit

Jelas ini sangat berbahaya untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi oleh anak-anak yang mempunyai daya kekebalan lebih rentan daripada orang dewasa. Karena itu berikut tips untuk bedakan es batu yang dibuat dari air mentah dan air matang.

1. Warna es batu dari air mentah cenderung bewarna terlihat lebih putih pekat, sedangkan es batu dengan air matang memiliki warna putih bening seperti kristal.


2. Warna pekat pada es batu air mentah disebabkan kandungan gas yang ada di dalamnya, sedangkan warna putih pada es batu air matang memiliki sedikit kandungan gas, karena sudah berkurang saat proses perebusan.

3. Es batu dengan air matang umumnya ada dalam bentuk es kristal dan ice cube, walaupun begitu tapi kamu perlu lebih teliti apakah warna bening di es benar-benar bersih.

4. Perhatikan baik-baik warna putih pada es batu, apakah ada kotoran yang ada di dalamnya, jika iya segera tinggalkan karena itu tidak bersih.

Mudah-mudahan cara itu bisa membantu kamu membedakan es batu dari air matang dan mentah, walalu pun begitu kamu tetap harus berhati-hati dan lebih cermat yah. Lebih aman jika kamu membuat sendiri es batu yang kamu kosumsi guys.

loading...
Top