Untuk Ornag Tua, Begini Cara Mengatasi Kakak - Adik Yang Sering Bertengkar


Pertengkaran antar anak dan permusuhan atas dasar kecemburuan antar saudara kadang memang tidak bisa dihindari, apalagi jarak antara kelahiran terlalu dekat. Memang, salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para orang tua adalah persaingan antar saudara kandung. Hal ini biasanya didasari oleh rasa iri hati karena salah satu pihak merasa diperlakukan tidak adil. Kondisi yang demikian tentu tidak bisa dibiarkan berlarut karena akan mengakibatkan perselisihan yang berkepanjangan.

Sikap anak-anak tidak bisa diprediksi. Kadang-kadang mereka bisa kompak bermain bersama, kadang juga mereka sering bertengkar karena memperebutkan mainan. Jika memang anak-anak Anda berada pada masa yang sulit seperti ini, sebaiknya Anda memisahkan atau membagi perhatian Anda kepada masing-masing anak. Yang paling penting, Anda harus menhindari adanya hasrat untuk menanamkan kompetisi di antara keduanya. Hindari pertanyaan yang menyudutkan salah satu pihak, misalnya “Mengapa sih kamu tidak bisa bersikap lembut seperti adik atau kakakmu?” Sebab, pertanyaan yang demikian hanya akan membuat buah hati Anda merasa sakit hati. Sebaliknya, cobalah untuk membangun rasa empati pada masing-masing anak sehingga mereka bisa menjalin hubungan yang positif. Berilah motivasi secara terus menerus untuk menjalin hubungan yang baik antar saudara.

Selain itu, Anda juga perlu mencarikan permainan atau aktivitas yang tidak bersifat kompetitif namun bisa dimainkan bersama. Permainan atau aktivitas tersebut sekiranya memungkinkan keduanya, secara individual, bisa menikmati kegiatan bersama. Banyak permainan-permainan imajinatif yang memungkinkan mereka melakukan hal yang berbeda, namun dalam satu kesatuan. Misalnya, Anda bisa meminta mereka untuk bermain puzzle, belanjaan-belanjaan bersama, melukis dengan tangan dan lainnya. Dengan cara ini, mereka akan bisa saling berbagi secara alami.

Pada saat terjadi permusuhan antar saudara, biasanya mereka akan saling mengadukan keburukannya masing-masing. Jika yang demikian terjadi, katakan pada anak bahwa Anda tidak tertarik dengan pengaduannya dan lebih senang mendengarkan apa yang telah mereka lakukan. Tegaskan pada mereka bahwa Anda tidak senang melihat keduannya saling bermusuhan.

Disamping itu, Anda juga perlu mengajarkan kepada mereka untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Cara ini akan sangat membantu mereka untuk bisa menyelesaikan benturan-benturan yang mereka hadapi sebaik mungkin. Meskipun dalam logika Anda memang masih sulit untuk dilakukan, namun Anda bisa mengajarkannya dengan cara mulai membiasakan mereka saling mendengar keinginan masing-masing dan meminta mereka untuk mencari solusinya sendiri.
Top