Telinga Anda Berasa Berdengung? Obati dengan Cara Tradisional Berikut


Sebenarnya kondisi ini bisa langsung diserahkan ke medis, namun selain melakukan pemeriksaan medis, Anda juga bisa melakukan pengobatan telinga berdengung menggunakan bahan tradisional dan juga alami. Metode tradisional tersebut relatif lebih aman dan biasanya tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Adapun beberapa ramuan tradisional yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi telinga berdengung di antaranya :

1. Bawang Putih

Metode pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati telinga berdengung adalah dengan menggunakan bawang putih. Caranya cukup mudah. Anda cukup merebus bawang putih yang telah dihaluskan hingga mengeluarkan minyak. Minyak yang dihasilkan oleh bawang putih tersebut bisa digunakan sebagai obat tetes bagi telinga berdengung.

BACA JUGA : Inilah Beberapa Penyebab Telinga Anda Terasa Berdengung

Selain metode tersebut, Anda juga bisa menyeduh bawang putih yang telah dihaluskan bersama dengan air hangat. Masukkan seduhan bawang putih tersebut ke dalam botol. Posisikan botol yang berisi seduhan bawang putih tersebut sehingga uapnya tepat menuju ke lubang telinga. Minyak yang berasal dari bawang putih dipercaya mampu meredakan telinga berdengung yang disebabkan oleh infeksi. Selama ini, bawang putih memang dipercaya sebagai obat tradisional untuk mencegah infeksi karena mengandung minyak atsiri.

2. Minyak Zaitun

Bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi telinga berdengung selanjutnya adalah menggunakan minyak zaitun. Untuk mengatasi telinga berdengung menggunakan minyak zaitun cukup mudah. Anda cukup mencampurkan minyak zaitun dengan sari bunga mullein. Diamkan ramuan tersebut selama satu malam. Setalh itu, gunakan ramuan tersebut sebagai obat tetes. Selain mudah, cara tersebut juga tergolong sebagai cara yang cukup efektif untuk mengatasi masalah telinga berdengung.

3. Daun Sambiloto

Daun sambiloto sejak dahulu memang dipercaya sebagai salah satu tanaman herbal yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Untuk menyembuhkan telinga berdengung, Anda bisa menghaluskan daun sambiloto, lengkuas merah, dan daun miana. Campuran ketiganya kemudian diambil sarinya dan sari ramuan tradisional tersebut bisa Anda gunakan sebagai obat tetes telinga.

4. Daun Dewa

Untuk mengobati telinga berdenging menggunakan ramuan tradisional, Anda juga bisa menggunakan daun dewa. Caranya cukup mudah, Anda cukup menyediakan daun dewa dan daun pegagan kering masing-masing 15 gram. Keduanya kemudian direbus menggunakan air sebanyak 700 ml hingga airnya tersisa sebanyak 300 ml. Jika mungkin, Anda juga bisa menambahkan ramuan tradisional lain untuk direbus, seperti daun sambiloto sebanyak 10 gram dan juga biji tanaman teratai sebanyak 15 biji. Air rebusan dari ramuan tersebut bisa Anda minum 2 kali setiap harinya.

5. Daun Cakar Ayam

Telinga berdengung ternyata juga bisa disebabkan oleh kanker nasofaring. Jika telinga berdengung yang Anda alami ternyata disebabkan oleh penyakit tersebut maka Anda bisa memanfaatkan daun cakar ayam untuk mengatasi masalah dengungan pada telinga Anda. Caranya sangat mudah. Anda cukup menyediakan 5 genggam daun cakar ayam kemudian rebus ramuan tersebut selama 3 jam. Minumlah air rebusan tersebut 2 kali setiap hari secara rutin.
loading...
Top