Tak Harus Mewah, Jika Tahu Rahasia Sederhana Hidup Bahagia ini



Setiap insan manusia diciptakan berbeda-beda baik karakter maupun fisiknya. Tetapi semua individu pada dasarnya ingin hidup dalam kebahagiaan. Terkadang kita mendengar kabar aneh yang mengagetkan ada seorang ibu bahkan tega menyiksa anaknya, menjadi tanda tanya besar dimana ia mencari letak kebahagiaanya. Atau bahkan pejabat kaya yang masih saja korupsi untuk menambah kekayaanya, karena mereka berfikir dengan mempunyai harta sebanyak-banyaknya hidup akan bahagia.

Begitu banyak bahkan ditempuh guna memperoleh sebuah kebahagiaan dalam hidup. Padahal ada rahasia sederhana yang bisa menjadikan kehidupan seseorang menjadi bahagia. Berikut ini beberapa hal yang bisa membuat kehidupan kita semakin bahagia, dikutip dari psikoma.com :

Apapun yang kita punya, syukuri nikmat yang ada. Karena dengan bersyukur nikmat kita akan ditambahkan

Kita harus menyadari bahwa kita semua ini mempunyai kadar rasa bahkan emosi yang dapat berubah sewaktu – waktu. Ambisi yang terlalu berlebihan akan memicu tumbuhnya perasaan tidak tenang dalam diri manusia. Dengan mensyukuri nikmat yang ada inilah, maka kebahagiaan seolah selalu ada disamping kita.

Tersenyum itu murah, maka tersenyumlah sebelum tersenyum itu dilarang

Meskipun perasaan kita sedang berada pada kondisi yang tidak baik namun sebaiknya jangan pernah membuat orang lain dengan mudah membaca perasaan hati kita. Seburuk apapun kondisi yang sedang dialami namun apabila kita menguatkan diri untuk selalu tersenyum maka secara perlahan perasaan itu akan semakin membaik.

Bahkan tersenyum adalah upaya terbaik bagi kita untuk seolah-olah menipu diri dari peristiwa tidak menyenangkan dalam hidup kita, sederhananya melupakan hal-hal yang tidak menyenangkan.

Hidupmu akan lebih bahagia lagi, jika sering membantu dan berarti bagi oranglain

Bagaimana ciri – ciri yang menunjukan bahwa hidup kita berarti untuk orang lain? Cara termudah melihatnya yakni dengan mengukur seberapa sering orang menanyakan kehadiran kita bahkan seberapa banyak orang yang mencari kita untuk dimintai bantuan. Memberikan pertolongan bagi orang lain adalah bentuk nyata yang mampu menunjukan bahwa hidupmu benar – benar berarti untuk orang lain.

Sikap setiap orang itu tak sama, maka kamu harus punya toleransi

Orang – orang yang menjunjung nilai tolenransi adalah salah satu jenis pribadi yang paling bisa diterima oleh lingkungannya. Setiap individu dengan individu lainnya tidak akan mempunyai kemiripan secara utuh, karena akan ada banyak perbedaan yang harus saling diterima oleh setiap pihak. Selalu bersikap toleran dengan segala perbedaan merupakan wujud kematangan atau kedewasaan dalam bertindak.

Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terimakasih atas kebaikan orang lain

Hal ini mungkin tidak terlalu urgen untuk dibahas sebagai kunci atau rahasia untuk hidup bahagia. Namun fakta membuktikan bahwa seseorang akan mudah menerima kehadiran pribadi baru yang mempunyai kepribadian baik. Seseorang yang selalu mengucapkan terima kasih atas setiap hal yang ia dapatkan dari orang lain adalah wujud dari rasa penghormatan kepada jasa atau kebaikan yang didapatkan dari orang lain. Tentunya berteman dengan orang yang bisa menghargai kita adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bagi kita sendiri.

Cari dan Perbanyak Teman

Pada dasarnya manusia terlahir sebagai makhluk sosial yang tidak akan dapat melepaskan diri dari peran serta manusia lainnya. Memperluas jaringan pertemanan tentunya tidak hanya mendatangkan kebahagiaan namun juga akan mendukung segala aktivitasmu dimasa mendatang. Kita tentunya akan selalu membutuhkan peran serta orang lain dalam melakukan sebuah aktivitas.

Tentu tak serta merta kita mengikuti semua tingkah atau kemuan teman, karena kita bisa memfilter mana yang positif yang dapat kita pakai. Dan teman mana yang akan menjadikan hidup kita lebih sempurna karena bisa saling melengkapi.

Bahagia itu adalah ketika apa yang kita pikirkan sesuai dengan yang kita ucapkan dan sesuai dengan apa yang kita lakukan. Karena itu selalu berpikir positif dan jadilah manusia yang paling bahagia.
loading...
Top