Tahukah Anda, Bicara Pada Diri Sendiri Ternyata Mampu Berikan Banyak Manfaat


Mungkin kamu berpikir berbicara sendiri tampak seperti orang gila. Namun sebenarnya jika aktivitas berbicara sendiri ini kamu lakukan, hal itu akan bermanfaat untuk menyehatkan otak, meningkatkan kekuatan pikiran, dan menentukan langkahmu.
Lebih lengkapnya baca lima fakta unik manfaat berbicara pada diri sendiri yang harus kamu tahu, dikutip dari careernews.


1. Meningkatkan kekuatan otak

Dilansir merdeka.com, orang yang berbicara pada diri sendiri bisa menemukan objek yang dicari lebih cepat hingga 50-100 milidetik, sementara rata-rata orang menemukan benda pada waktu 1,2 hingga 2 detik. Kesimpulannya, bahasa tak hanya digunakan sebagai sistem komunikasi tetapi juga dapat meningkatkan persepsi dan daya pikir.

Akan tetapi, peneliti juga mengingatkan bahwa berbicara kepada diri sendiri juga tidak selalu berguna jika kamu tidak mengetahui bentuk konkret yang kamu bicarakan. Jika kamu tahu bentuk yang dibicarakan, ketika mengatakannya kamu akan mengaktifkan saraf visual dari otak untuk membantumu menemukannya.

BACA JUGA : Sejatinya Manusia Terdiri dari 4 Kelompok, Termasuk Kelompok Manakah Anda?

2. Membimbing perilaku

Masih dari situs yang sama, penelitian membuktikan bahwa berbicara pada diri sendiri bisa bantu membimbing perilaku seseorang. Dengan bergumam sendiri, seseorang selalu bisa mengingatkan diri mereka untuk fokus pada pekerjaan yang mereka lakukan, seperti ketika mengikat tali sepatu.

3. Menyehatkan otak

Selain itu, berbicara pada diri sendiri bukan sebuah penyimpangan, justru memberikan manfaat dan juga menyehatkan otak. Sebuah pekerjaan akan lebih cepat dilakukan ketika kamu berbicara dengan dirimu sendiri. Berbicara pada diri sendiri secara tidak langsung akan mempercepat proses persepsi dan cara berpikir. Otak pun terbantu menemukan solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan. Maka dari itu, tidak ada salahnya membiasakan berbicara pada diri sendiri saat sedang beraktivitas, dikutip dari careernews


4. Mengubah hidupmu

Sedangkan vemale.com menjelaskan, berbicara pada diri sendiri akan mengubah banyak hal dalam hidupmu. Aktivitas ini mengubah konsep, cara pandang, sikap, dan keyakinan yang membuat dirimu jadi orang yang lebih baik. Berbicara pada diri sendiri juga merupakan teknik komunikasi diri yang luar biasa dan mampu membuatmu menunjukkan jati diri dari waktu ke waktu.


5. Sebagai penguatan diri dan kekuatan spiritual

Masih dari situs yang sama, kamu bisa menyuntikkan banyak semangat dan dorongan positif untuk menjadi lebih baik dalam hidup dengan bicara kepada diri sendiri. Selanjutnya, komunikasi dengan bicara pada diri sendiri membuktikan bahwa ada kekuatan spiritual yang kita pegang dalam hidup ini. Kamu membutuhkan kekuatan spiritual itu untuk jadi lebih sehat dalam pikiran dan perasaan. Secara tidak langsung, dampaknya akan terasa pada kehidupan riilmu.

Otakmu akan lebih sehat dan kekuatannya meningkat, terlebih hidupmu akan lebih baik lagi. Jika kamu rutin melakukannya, bisa jadi semua itu akan memudahkanmu selama proses kuliah, bekerja, atau menjadi seorang pengusaha.
loading...
Top