Supermall Pakuwon City Surabaya Ambruk, Padahal Baru Dicor



Baru saja di cor, dek yang terpasang di atas Supermall Pakuwon City, Surabaya tiba-tiba roboh. Sontak saja kejadian ini membuat sejumlah pekerja bangunan panik, mereka berhamburan keluar demi menyelamatkan diri.

Namun informasi terbaru robohnya bagian bangunan Pakuwon Mall terjadi saat sedang dilakukan pengecoran di cantilever pool deck (sebelumnya diberitakan dak cor lantai 8, red) lantai paling atas bangunan.

"Jadi bagian yang roboh itu bagian cantilever pool deck yang sedang dicor. Jadi nanti itu ada kolam renang di lantai paling atas mall," kata Sutandi Purnomosidi Direktur Marketing Pakuwon Group pada Radio Suara Surabaya, Kamis (6/10/2016).



Dikutip dari merdeka, robohnya dek tersebut berlangsung sekitar pukul 07.30 WIB. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Untuk memastikan tidak ada korban jiwa, para pekerja sempat melakukan pencarian di seluruh area. Kemudian, bangunan yang roboh tersebut ditutupi terpal warna bitu.

Komersial Director Pakuwon Group Sutandi Purnomo Sidi menyatakan, bangunan yang runtuh tersebut merupakan pengerjaan proyek pengembangan hotel dengan apartemen. Namun, material yang jatuh menimpa beberapa bagian atap di Supermal Pakuwon.

Baca Juga : Jakarta Sedang Disorot Dunia International, Banyak Media Asing Memberitakan

"Bangunan yang runtuh itu adalah pengembangan pengerjaan proyek antara hotel dengan apartemen. Yang secara kebetulan, posisi yang runtuh itu ada di atas Supermall Pakuwon, yang rencananya akan dijadikan kolam renang," terang Komersial Director Pakuwon Group Sutandi Purnomo Sidi, Kamis (6/10/2016).

Meski terjadi insiden, Sutandi mengaku, tidak berdampak pada aktivitas Supermall Pakuwon City. Lantaran, yang dilakukan pekerjaan memang tidak ada aktivitas apapun.

"Tidak berdampak sekali, karena kejadiannya itu memang sedang tidak ada aktivitas pengunjung," ucapnya.

Menurut dia runtuhnya bangunan itu disebabkan, karena rangka penahan atau scaffolding itu tidak kuat menyangga bangunan dek cor yang baru saja dilakukan. "Informasi awal, penyebabnya karena penyangganya itu tidak kuat menahannya," pungkasnya.

Namun polisi juga tetap mengusut kejadian ini. Pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan apakah bagian bangunan Pakuwon Mall, Surabaya yang roboh ini memenuhi syarat atau tidak.

"Memang benar ada bagian bangunan yang roboh. Kita dari kepolisian akan melakukan penyelidikan bagunan apakah memenuhi syarat atau tidak," kata AKP Sukimin Kanit Reskrim Polsek Wiyung pada Radio Suara Surabaya, Kamis (6/10/2016).
loading...
Top