Sudah Ajukan Lamaran Kerja Tapi Belum Di Panggil Juga? Ketahuilah Penyebabnya Berikut


Proses penerimaan karyawan di beberapa perusahaan tidaklah sama, terkadang ada beberapa perusahaan yang tergolong sedang tidak terlalu mempermasalahkan proses penerimaan karyawan, mereka langsung mengundang untuk wawancara kerja, tetapi untuk perusahaan besar biasanya mereka harus mengikuti proses satu persatu dari penerimaan karyawan baru.

Setelah mengirimkan lamaran, proses selanjutnya yaitu wawancara kerja, hanya lamaran yang memenuhi syarat dan menariklah yang dipanggil untuk wawancara. Maka dari itu kita semua harus mengetahui penyebab-penyebab utama tidak dipanggil untuk wawancara. Berikut adalah beberapa penyebab tidak dipanggilnya seseorang untuk proses wawancara kerja.

BACA JUGA : Bingung Cari Kerja Yang Pas? Berikut Rekomendasi Pekerjaan Pilihan bagi Perempuan

Surat Lamaran dan CV Kurang Menarik 

Surat lamaran kerja dan Curiculum Vitae (CV) atau lebih dikenal dengan biodata pelamar bisa menjadi salah satu jalan supaya kalian bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti atau dipanggil untuk wawancara kerja. Bila dalam penulisan Surat lamaran Kerja kurang menarik, dan CV juga kurang meyakinkan, kemungkinan besar kesempatan untuk dipanggil mengikuti proses wawancara kerja pun akan hilang. Apalagi HRD hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk membaca Surat lamaran itu. Maka dari itu supaya Surat lamara Kerja kalian menarik dan meyakinkan.

Minim Skill (kemampuan) dan Pengalaman

Salah satu alasan Manager Personalia atau HRD memanggil pelamar kerja untuk mengikuti proses wawancara adalah karena merasa tertarik dengan Skill serta pengelaman yang dicantumkan dalam CV-mu. Sehingga, pada Manager Personalia atau HRD tersebut penasaran dan ingin mengenalmu secara langsung melalui proses wawancara kerja. Jika kalian belum juga mendapatkan panggilan wawancara kerja, mungkin skill dan pengalaman yang kalian miliki masih kurang.

Tidak Tahu Posisi Apa yang Dilamar

Kebanyakan pelamar kerja yang baru lulus atau biasa disebut juga dengan sebutan Fresh Graduate mencoba melamar pekerjaa ke beberapa perusahaan. Dan pada akhirnya, apa yang dilamarnya pun tidak ada panggilan untuk wawancara kerja, Karena apa yang dilamarnya pun tidak nyambung dengan apa yang diinginkan. Misalnya saja, kamu tidak ahli di bidang yang kamu lamar, namun kamu melamar pada posisi tersebut, atau kamu melamar pada posisi yang kamu sendiri tidak tahu tugas dan fungsinya apa, jadi antar posisi dan CV-mu tidak ada kecocokan.

Belum Sesuai Kualifikasi

Setiap perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja pastinya mempunyai standart kualifikasi yang harus dimiliki oleh para pelamara kerja, hanya pelamar kerja yang memenuhi syarat biasanya yang akan dipanggil untuk proses selanjutnya atau dipanggil untuk wawancara kerja. Setiap perusahaan memiliki kualifikasi berbeda-beda. karena itu, tidak jarang seseorang harus lapang dengan lamaran yang dikirimnya belum juga mendapat panggilan lantaran belum sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan tersebut.
loading...
Top