Stress Kerjaan Numpuk? Berikut Tips Mengontrol Emosi Saat Di Tempat Kerja

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 18 Oct 2016
Stress Kerjaan Numpuk? Berikut Tips Mengontrol Emosi Saat Di Tempat Kerja

Stres di kantor merupakan suatu hal yang lumrah. Deadline, target, tuntutan klien, maraton dari meeting ke meeting, sering lembur, belum lagi politik kantor yang seolah tak pernah usai, adalah beberapa pemicu stres.

Tak jarang juga, penyebabnya adalah hal-hal di luar kendali kita. Sesulit apa pun itu, emosi kita harus selalu bisa terkontrol.

Berikut ini 5 tips untuk bisa mengontrol dan mengelola emosi, agar kita terhindar dari stres, dikutip dari Josstoday.

BACA JUGA : Jangan Remehkan! Ini Akibatnya Jika Anda Malas Mencuci Handuk

1. Asah Kemampuan

Makin banyak tantangan dan permasalahan yang kita hadapi, makin teruji kemampuan problem solving Anda. Jadi, jangan menghindar dari masalah, namun terbukalah pada berbagaitantangan kerja.

2. Gunakan Kemampuan Komunikasi 

Kematangan emosi ditentukan oleh cara kita mengekspresikan dan mengomunikasikan emosi atau kemarahan kita. Orang yang secara emosi matang, bisa mengomunikasikan perasaan dengan terbuka dan tenang. Rekan kerja harus tahu dengan tepat alasan Anda marah. Di satu sisi, dorong mereka untuk bisa mengatasi masalah tersebut. Tapi, orang yang diam saja ketika ada masalah, juga bukan bentuk emosi yang tepat. Setiap orang harus mencari saluran untuk mengeluarkan emosi negatifnya, misalnya melalui hobi, kegiatan rekreasi, pertemanan.

3. Ubah Lingkungan Anda 

Perubahan yang paling perlu kita kembangkan adalah mindset positif untuk menghadapi situasi yang memancing emosi. Jika lingkungan tidak bisa diubah, maka kitalah yang dituntut beradaptasi, sehingga bisa tetap menyesuaikan diri dengan baik dalam situasi. Kalau Anda punya bos yang sulit dipuaskan misalnya, mau tak mau Anda harus membekali diri dengan kemampuan ekstra.

4. Tingkatkan Rasa Humor 

Dengan membaca buku, menonton tayangan yang menghibur, bermain dengan anak-anak, atau bergaul dengan teman di luar lingkungan pekerjaan. Temukan bahwa dunia ini penuh warna, tidak melulu soal kerja.


5. Tenangkan Fisik Anda 

Ada orang yang senang pada kegiatan fisik yang menenangkan, seperti yoga atau menyepi ke gunung. Kegiatan ini terbukti baik untuk mengembalikan keseimbangan diri dan menenangkan emosi. Namun, ada orang yang memilih kegiatan olahraga yang lebih aktif, seperti lari, basket, atau renang. Apa pun kegiatan yang dipilih, sama baiknya untuk fisik dan mental Anda.
SHARE ARTIKEL