STOP! Bersihkan Telinga Dengan Cotton Bud, Ini Bahayanya

Telinga adalah anggota tubuh yang cukup vital walaupun berada di bagian luar. Bentuk telinga yang berlipat-lipat membuatnya rentan kotor dan menjadi sarang bakteri jika tidak dibersihkan.



BACA JUGA: Kecelakaan Gara-gara Fasilitas Jalan Rusak? Tuntut DPU-nya Langsung!

Agar telinga tetap sehat dan bersih, telinga harus kita bersihkan secara teratur. Dan cotton bud menjadi alat yang umum digunakan untuk membersihkan telinga. Tapi tahukah kamu, ternyata membersihkan telinga dengan cotton bud adalah salah dan sebaiknya dihindari, kenapa?

Membuat kotoran masuk lebih dalam


Dengan menggunakan cotton bud, maka secara otomatis kamu akan mendorong kotoran untuk masuk lebih dalam ke telinga. Hal ini bisa membahayakan kesehatan telingamu.

Bisa menyentuh gendang telinga


Terkadang kamu bisa memasukkan cotton bud terlalu dalam. Dan tindakan ini berujung dengan bisa tersentuhnya gendang telingamu yang justru menimbulkan ancaman kesehatan yang lebih serius.

Menjadikan kotoran bertumpuk


Selain membuat kotoran masuk lebih dalam, tindakan membersihkan telinga dengan cotton bud juga membuat kotoran bertumpuk lebih dalam. Telinga jadi penuh bakteri yang berakhir dengan munculnya infeksi.

Yang benar dalam membersihkan kororan telinga adalah dengan meneteskan baby oil atau air garam, kemudian miringkan telingamu. Maka kotoranpun akan keluar dengan sendirinya. Hal ini terjadi karena telinga memiliki mekanisme tersendiri dalam membersihkannya, sehingga kamu tak perlu mengeluarkan kotoran itu menggunakan cotton bud.
loading...
Top