Sebelum Wisuda Jangan Sampai Nyesel Karena Melewatkan 7 Hal ini Saat Kuliah



Menjadi seorang sarjana butuh pengorbanan yang tidak mudah lhoh. Berbagai bidang akademik harus dilalui selama 4 tahun kuliah. Itu bukan waktu yang pendek kan guys. Karena itu moment saat wisuda sangat berharga.

Namun jangan sampai masa kuliah cuman nyelesaiin kredit mungkin akan mengantarkanmu pada wisuda yang cepat dan bisa jadi jadi lulusan dengan IPK tertinggi. Karena sebenarnya banyak hal yang nggak akan kamu dapetin saat lulus nanti, karena itu jangan sampai melewatkan 7 hal ini.

1. Ikutlah Organisasi agar kamu jadi problem solver yang hebat


Anak yang ikut organisasi biasanya disebut kura-kura atau kuliah rapat kuliah rapat. Tipe mahasiswa ini selalu ada program kerja yang harus diselesaikan, selain menambah kesibukan kadang kita harus pintar membagi waktu.

Baca Juga : Untukmu Disana, Aku Yakin Kita akan Dipertemukan dengan Bahagia Pada Saat dan Waktu yang Tepat

Tapi tenang saja, menjadi organisatoris akan membuatmu lebih cekatan dalam menyelesaikan masalah dan seorang manager yang baik. Kalian yang sudah sering ikut organisasi, pasti merasakan manfaatnya saat sudah menghadapi dunia kerja ataupun usahamu.

2. Asah kemampuanmu, bila mungkin ikuti lomba



Ikut lomba? Takut. Mungkin banyak orang meyakini hal itu, tapi coba deh asah kemampuanmu buat ikut lomba biar kamu semakin tertantang. Bahkan banyak anak yang nggak terlalu paham materi malah semakin paham dengan materi gara-gara ikut lomba.

3. Jadi Volunteer mungkin akan menyita waktu, tapi berbagi itu gak bikin kamu seret rejeki



Tahu kan jika di sekitar kita banyak banget orang yang butuh uluran tangan kita dan gak sebahagia kita! Menjadi volunteer mungkin akan membuatmu meluangkan banyak waktu, tapi bukankah sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat

4. Ikut camp kepemudaan supaya pikiranmu terbuka dengan bertemu banyak orang



Banyak yang bilang buat apa sih ikut camp-camp gitu? Bukan prestasi, hmmm jangan salah, itu prestasi karena kamu harus menyingkirkan pesaing-pesaingmu untuk ikutan itu. Dan poin pentingnya adalah kamu akan bertemu orang-orang dari latar belakang yang berbeda dan mungkin pemikiran yang berbeda. Kamu bisa brainstrom dengan orang-orang itu untuk dapetin wawasan baru dan tentunya pertemanan yang baru

5. Belajar jualan, selain mengasah kemampuan wirausaha juga bisa jadi kamu mandiri


Gak semua orang punya pasion di bidang wirausaha, tapi semua orang bisa kok jadi pengusaha. Kamu bisa jual pulsa atau mungkin jual gorengan yang harganya lima ratusan. Dengan jualan kamu akan lebih menghargai uang dan bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini.

6. Ikut konfrensi dan nulis karya ilmiah, itung-itung belajar buat skripsi



Penelitianku jelek dan kayaknya gak ada gunanya deh, hmmm pasti banyak yang mikir kayak gitu. Tapi pernahkah kita berpikir mungkin penelitian kita ada yang butuhin? atau mungkin penelitian ini akan menjadi pondasi munculnya penelitian-penelitian selanjutnya. Nulis aja dan publikasikan lewat konfrensi akan buat kamu bersemangat. Ya itung-itung belajar skripsilah.

Baca Juga : Tak Bisa Move On, Jangan Bodoh! Mantan Bukanlah Sejarah Indonesia yang Harus Dikenang

7. Belajar bahasa asing karena itu akan sangat berguna



Kamu pasti punya karya keren dan ide yang keren pula, jangan sampai idemu itu berhenti dan dunia gak melihat itu semua. Salah satu caranya adalah dengan belajar bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional. Dunia kerja atupun dunia usaha yang akan kamu jalani setelah wisuda nanti, pasti akan membutuhkan ini.

Nah, lakukan hal-hal itu sebelum kamu ketinggalan moment tersebut ya guys.

Top