Sama-Sama Jadi TKW. Yeni TKW di Hong Kong ini Hina Janda yang Jadi TKW di Taiwan



Kendati menjadi seorang pembantu rumah tangga pun, bekerja di beberapa negara di luar negeri memang gajinya bisa setara dengan seorang manager di Indonesia ini. Maka dari itu banyak warga negara kita yang mempunyai skill dan pengalaman minim nekat merantau ke luar negeri untuk mencari pundi-pundi rupiah.

TKI merupakan juga pahlawan devisa bagi negara ini. Beberapa negara yang sering disambangi oleh para TKI pun banyak. Mulai dari Malaysia, Taiwan, Hong Kong hingga Arab Saudi.

Karena mengadu nasib jauh di negara orang, maka tak heran banyak TKI maupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang menggunakan media sosial untuk berkomunikasi.

Para pengadu nasib ini juga sering membagi-bagikan aktivitasnya melalui media sosial, seperti Facebook maupun Instagram. Tapi dari media sosial tersebut justru timbul persaingan antarpekerja.

Bahkan persaingan tersebut melebih kehebohan kabar para selebritis. Seperti sebuah video yang diketahui diunggah oleh akun bernama Tery Yanti Safitri melalui akun media sosial Facebook.

Video berdurasi sekitar empat menit ini sudah ditonton lebih dari 64 ribu kali, meski baru diunggah pada Sabtu (1/10/2016) lalu, dan sudah dibagikan hampir 600 kali.

Baca Juga : Tak Puas dengan Cowoknya, Gadis ini Cari yang Lebih. Lihat Akhirnya Begitu Memalukan

Pada video tersebut ia banyak menggunakan kalimat-kalimat berbahasa Jawa.

"Halo, iki videoku kanggo Kencur Formosa, kuwi wong Taiwan, bekas babu neng Hong Kong (Halo, ini videoku untuk Kencur Formosa, orang Taiwan, bekas asisten rumah tangga di Hong Kong)," ucapnya di bagian awal video menegaskan bahwa video ini ditujukan untuk seseorang.

"Ngopo neng Hong Kong diinteriminit? Neng Taiwan dadi budak e (Kenapa di Hong Kong diinterminit? Di Taiwan cuma jadi budak)," lanjutnya.

"Statusmu kuwi rondo, mbuh duwe anak ora, ora ngurusi uripanmu (Statusmu itu janda entah beranak berapa, aku tidak peduli hidupmu)," lanjutnya lagi.

Ia bahkan juga sempat membandingkan antara bekerja di Taiwan dan Hong Kong.

"Taiwan ora enek apa-apane dibanding neng Hong Kong (Taiwan tidak ada apa-apanya dibanding Hong Kong)," ucapnya tegas.


Video ini pun langsung viral dan mengundang reaksi dari netizen.
Banyak yang geram dengan video yang diunggah oleh akun bernama Tery Yanti Safitri ini.

"Mau singapore hk taiwan atau mn ja yg nama nya masih kerja ikut orang ya sama ja ngga usah saling merendah kan yg jd bos ja ngga pada sombong, terus apa untung pada kyk gt ingat ya kita di perantauan tetep jaga etika sopan santun dan adat ketimuran , pengalaman di luar negri bntar ja dah pada belagu, ntar plg kmpg jg pada mringis," tulis netter bernama Atika Hartini.

"Hanya satu yg ingin aku ungkapin buat km cantikk. Semoga kamu bisa sadarr sblm temuin keluarga," tulis netter lainnya, Nur Halimah.

Ferdian Budak mencerca: "songong,manusia tanpa didikan ! 
Ora desa masuk luar negri 💩
Amazing,norak sangat 🙊 ,"

Ternyata ia tidak hanya sekali mengunggah video kontroversial di Facebooknya.

Bahkan beberapa waktu lalu, akun ini sempat menuai sensasi karena sempat dianggap menjelek-jelekkan laki-laki Indonesia.
Ia juga sempat marah karena akun Facebooknya diblokir belum lama ini.

Wah, ada-ada saja. Persaingan ya persaingan, namun apa gunanya semua itu. Mungkin persainganya baik, karena demi mencari nafkah, tapi cara pengungkapanya begitu miris.
loading...
Top