Peneliti: "Susu Kecoak, Minuman Super Di Masa Depan"

Mendengar saja udah jijik, apalagi melihat dan memegang sosok hewan ini, apalagi kalau bukan kecoak. Binatang yang berwarna coklat ini banyak ditemui ditempat-tempat kotor, sehingga banyak mengandung kuman dan bakteri.



BACA JUGA: Prihatin! Di Papua, Belajar Hanya Bermodalkan Sebatang Lilin. Masih Malas Belajar?

Para pembenci kecoak, pasti akan merasa jika kecoak itu akan terlihat 100 kali lebih menjijikan ketika terbang.. hmm, tapi siapa sangka jika kecoak mempunyai manfaat yang begitu besar, apa ya kira-kira?

Dikutip Wajibbaca Dari indozone, beberapa peneliti di Bangalore, India ternyata sudah meneliti kecoak dan hasilnya pun sangat mengejutkan. Seperti yang dikutip dari Forbes, belakangan sejumlah peneliti di the Institute of Stem Cell Biology and Regenerative Medicine sedang meneliti sumber makanan alternatif.

Penelitian ini memakan waktu selama -+ 10 tahun. Dr. Sanchari Banerjee, Dr. Subramanian Ramaswamy dan para timnya yang ahli di bidangnya kemudian menemukan sebuah makanan yang punya banyak gizi. Makanan itu tak lain adalah susu kecoak!

Bahkan struktur protein pada susu kecoak mengandung 4 kali lebih banyak daripada susu sapi, dan 3 kali lebih banyak dari kerbau. "Tak hanya itu, di dalamnya ada juga asam amino, lipid dan gula, serta zat lain yang baik untuk pertumbuhan sel tubuh," ujar Dr. Leonard Chavas, salah seorang peneliti ini.

Lalu muncullah sebuah pertanyaan, bagaimana cara mengambil susu itu? Bukan dengan diperah seperti sapi, atau dipencet, namun susu kecoak ini bisa diambil dengan cara membuka perutnya. Bukan seperti cairan, tapi lebih ke kristalo yang mengkilat dan tersembunyi.  Kristal tersebut setelahnya harus disimpan di dalam ruangan dengan pH netral agar tak terlalu asam atau terlalu basa.

Rasa susu ini pun kabarnya tak seperti susu pada umumnya, seperti tidak ada rasanya. Kedepannya, mereka juga menjelaskan bahwa susu kecoak ini tak akan dijual seperti susu sapi pada umumnya seperti ditaruh di dalam kaleng atau karton.

Karena sumber susu kecoak itu tak seperti susu sapi, mereka hanya membuat susu ini jadi bahan campuran suplemen atau makanan ringan. Kecoak yang bisa diambil susunya juga tak sembarangan kecoa. "Pertama, tentu kecoak tersebut harus berkelamin betina, dan idealnya berumur 54 hari. Kecoa juga harus yang berspesies Diploptera punctate, yaitu kecoa yang ada di daerah Pasifik," tambah Dr. Chavas.

Tapi guys, jangan coba-coba memerahnya sendiri di rumah ya.. bukannya susu yang diperah malah cairan putih yang di dapat. Bagaimana menurutmu? Tertarik untuk mencobanya?
Top