Orang Tua Wajib Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Memberi Nama Anak


Pemberian nama menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh orangtua untuk buah hati mereka. Setiap orang berkewajiban untuk memberikan nama yang baik kepada anaknya. Tidak hanya atas dasar indah, namun pemberian nama juga hendaknya diperlukan pertimbangan dan pemikiran yang matang.

Di dalam nama yang diberikan kepada anak harus terkandung doa dan harapan orangtua. Oleh sebab itu, bagi umat muslim sudah seharusnya memperhatikan kaidah pemberian nama menurut Agama Islam. Apa saja yang perlu diperhatikan tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Tidak Memberi Nama yang Menjadikan Anak Bahan Celaan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih nama anak adalah tidak memberinya nama yang pada akhirnya akan menjadikan anak tersebut bahan celaan. Sebab, dalam pemberian nama itu tidak boleh sembarangan. Selain itu, Rasulullah SAW sendiri memerintahkan untuk memberi nama yang baik pada anak-anak kita.

“Sesungguhnya pada hari kiamat nanti kalian akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama-nama bapak-bapak kalian. Oleh karena itu, buatlah nama-nama yang baik untuk kalian.” (HR. Abu Daud)

Hal yang tak kalah penting dalam memberi nama anak adalah bagaimana nama panggilannya nanti. Jangan sampai nama panggilan tersebut berkonotasi negatif sehingga menjadi bahan ejekan oleh teman-temannya.

BACA JUGA : Untuk Ornag Tua, Begini Cara Mengatasi Kakak - Adik Yang Sering Bertengkar

2. Menghindari Nama yang Diambil dari Kalimat yang Mengandung Pesimistis

Hal yang harus dihindari dalam pemberian nama anak selanjutnya adalah menghindari nama yang diambil dari kalimat yang mengandung pesimistis. Sebab dengan nama yang demikian akan membuat jiwa anak menjadi tertekan dan minder karena namanya mempunyai arti yang negatif.

3. Tidak Menggunakan Nama yang Khusus Bagi Allah

Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah yang Indah. Oleh sebab itu, ketika memberi nama buah hati jangan menggunakan nama yang khusus bagi Allah SWT. Jika ingin memberikan nama dengan Asmaul Husna, maka bacalah kaidah pemberian nama dengan Asmaul Husna agar orangtua tidak salah dalam memberi nama buah hati mereka.

4. Menjauhi Nama yang Mengandung Makna Optimistis

Orangtua harus memperhatikan nama yang akan diberi kepada anak mereka. Nama itu mengandung doa dan harapan. Untuk itu usahakan lah untuk menjauhi nama yang mengandung makna optimis. Karena dengan nama yang demikian akan membuat anak menjadi sombong dan bisa saja tidak menghargai orang lain. Akan tetapi berusahalah untuk memberikan nama yang tidak hanya indah namun juga bermakna positif.

5. Tidak Memakai Nama-Nama yang disembah Selain Allah

Nama yang tidak boleh diberi kepada buah hati selanjutnya adalah memberikan nama anak dengan nama yang disembah selain Allah SWT. Banyak kasus kaum muslimin yang tidak mengetahui bahwa nama anak yang diberikan merupakan nama dari berhala ataupun dewa-dewa. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk perbanyak membaca pedoman pemberian nama yang baik kepada anak sesuai ajaran agama Islam.
Top