Mazhab Imam Syafi’i Akan Dijadikan Perbup di Aceh Timur



Pada acara Peringatan Haul Sultan Alaidin Sayyid Maulana Abdul Aziz Syah di Desa Bandrong, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Minggu 2 Oktober 2016, hadir Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM. Thaib. Dalam kesempatan ini Hasballah mengatakan bahwa akan segera mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) terhadap mazhab Imam Syafi’i yang merupakan aliran Ahli Sunnah Wal Jama’ah (Aswaja).

Hasballah menjelaskan bahwa penetapan ini untuk menghindari adanya aliran sesat yang mungkin lahir di masa depan.

“Hal ini kita lakukan agar kedepan tidak lahir aliran sesat atau aliran lain yang bertentangan dengan mazhab Imam Syafi’i yang merupakan alirannya Ahli Sunnah Wal Jama’ah,” kata Bupati H. Hasballah HM.Thaib.



Lebih lanjut, sosok yang akrab disapa Rocky itu mengatakan Perbup yang akan dikeluarkan ini nanti akan menjadi satu-satunya aliran yang diamalkan oleh umat Islam di Kabupaten Aceh Timur.

“Perbub tentang tata cara ibadah dan amalan umat Islam perlu dikeluarkan mengingat belakangan kerap muncul berbagai aliran yang bertentangan dengan Islam dan cenderung mengarah kepada aliran-aliran sesat lagi menyesatkan,” terang Bupati Rocky.

Baca Juga : Pemimpin Tertinggi ISIS Mati Diracun. Siapa Dalang di Balik Semua ini?

“Jika aliran Aswaja sesuai dengan mazhab Imam Syafi’i ini telah kita Perbup kan, maka kedepan umat Islam di Kabupaten Aceh Timur harus berpegang kepada aliran Ahli Sunnah Wal Jama’ah sesuai dengan mazhab Imam Syafi’i,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir juga sejumlah ulama kharismatik Aceh diantaranya Tgk. H. Bukhari Hasan (Ayah Leuge), Tgk. H. Abdullah Rasyid (Abu Lah Kruet Lintang), Tgk. H. Saiful Anwar (Abon Darussa’adah) serta hadir juga Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto dan sejumlah kepala SKPK dari berbagai lembaga pemerintahan.
Top