Masih Menjadi Misteri, Candi Mana Yang Lebih Tua dan Bertuah



Bagi kamu traveler yang sedang traveling ke Magelang, tentu Candi Borobudur sudah menjadi destinasi utama yang ada di list tujuan travelingmu. Sama dengan saya, Borobudur memang menjadi destinasi utamanya, tapi tahukah kamu. Jika di Magelang ada Candi yang lebih tua dan bertuah dari Borobudur?

BACA JUGA : Khusus Wanita, Tips Sesuaikan Warna Lipstik Dengan Pakaian

Yap, namanya candi Mendut. Memang tak semegah Candi Borobudur dan terkesan tidak ada yang mengunjunginya karena tidak begitu menarik. Tapi sayangnya, banyak yang tidak tahu, jika candi mendut ini juga tidak kalah mempesona dengan Borobudur.

Candi yang dibangun pada tahun 824 Masehi ini memiliki luas keseluruhan 13,7 x 13,7 meter dan berbentuk segiempat dan atap bertingkatnya dihiasi stupa kecil. Dengan ketinggian 26,4 meter dan berdiri diatas kaki setinggi 3,7 meter membuat Candi Mendut tampak anggun dan megah dari kejauhan.
Candi yang memiliki peranan penting bagi ummat budha ini mempunyai beberapa keistimewaan diantaranya :

  • Terdapat sebuah pohon Bodhi besar dan rindang yang tumbuh kokoh di halaman candi. Umat Budha     meyakini pohon ini menjadi tempat saat Siddharta Gautama mencapai penerangan sempurna.
  • Memiliki tiga archa Budha berukuran besar dengan sikap tangan berbeda dan terawan dengan baik sampai sekarang.
  •  Memiliki taman yang sangat hijau serta kamu bisa bersantai ria ditaman.


Bagaimana? Jika sedang traveling ke Magelang jangan lupa meluangkan waktumu sebentar untuk mengunjungi candi Mendut ya? Hanya dengan Rp. 3.500,- kamu sudah disguhkan dengan pemandangan secantik itu.
Top