Makin Bangga, Ternyata Indonesia Punya 15 Julukan ini dari Dunia


Konon, ada sebuah cerita menggelitik bahwa saat turis mancanegara ditanya tahukah Indonesia, maka mereka menjawab tidak tahu. Tapi saat turis mancanegara ini ditanya tahu bali dan pernahkah ke bali, lucunya mereka akan menjawab tahu.

Bali yang merupakan salah satu pulau yang terindah di Indonesia. Selain dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Pasifik.

Dengan pulau-pulau yang tersebar di seluruh penjuru negeri, Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau. Indonesia juga memiliki luas perairan lebih dari tiga juta kilometer persegi. Sehingga tak heran jika mayoritas penduduk Indonesia kehidupannya bergantung pada laut.

Baca Juga : Sinyal Begitu Kuat! Jika Perang Dunia III Benar-Benar Terjadi, Ini 3 Cara Agar Selamat dari Ancaman ini

Indonesia pun ternyata telah banyak dikenal oleh masyarakat dunia. Dilansir tribuntravel, inilah 15 julukan yang diberikan dunia untuk Indonesia.

1. Zamrud Khatulistiwa



Terletak tepat di bawah garis khatulistiwa, Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati, dengan pemandangan hijau di setiap sudutnya.

Maka tak heran jika Indonesia dijuluki sebagai Zamrud Khatulistiwa yang berarti permata yang berwarna kehijauan.

2. Nusantara


Nusantara merupakan julukan yang diberikan untuk wilayah Indonesia dari Sumatera hingga Papua. Rupanya, julukan ini diberikan sejak zaman Kerajaan Majapahit.

3. Negara Maritim



Dengan luas perairan mencapai 3.257.483 kilometer persegi, Indonesia memiliki perairan yang lebih luas ketimbang daratannya. Tak heran jika Indonesia mendapat julukan Negara Maritim.

4. Negara Agraris



Selain lautan yang luas, Indonesia pun memiliki lahan pertanian yang sangat luas. Hal ini menyebabkan mayoritas penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani.

5. Negara Seribu Pulau



Dikutip dari Wikipedia, Indonesia memiliki sebanyak 17.508 pulau, dengan lima pulau terbesar yang dimilikinya.
Dengan jumlah pulau sebanyak ini, sehingga Indonesia dijuluki sebagai Negara Seribu Pulau.

6. Negara Seribu Candi



Julukan Negeri Seribu Candi diberikan kepada Indonesia lantaran terpilihnya Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, sebagai satu di antara tujuh keajaiban dunia.
Dilansir TribunTravel.com dari Wikipedia, Candi Borobudur memiliki 72 stupa, 504 arca Buddha, dan 2.672 relief.

7. Negara Nyiur

Karena memiliki pulau yang jumlahnya mencapai ribuan, tak heran jika Indonesia pun menyimpan pantai-pantai yang indah. Dari sekian banyak pantai yang ada di Indonesia, sebagian besar pantainya ditumbuhi oleh pohon kelapa atau pohon nyiur.

8. Negara Megabiodiversitas

Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna, termasuk spesies langka yang hanya ada di Indonesia. Keanekaragaman tersebut kemudian menjadikan Indonesia sebagai Negara Megabiodiversitas yang berarti keanekaragaman hayati berlimpah.

9. Negara Garuda



Negara Garuda menjadi julukan Indonesia karena lambang negara yang merupakan burung garuda. Garuda menggambarkan Indonesia sebagai bangsa besar dan kuat.

10. Paru-paru Dunia



Pulau Kalimantan merupakan satu di antara paru-paru dunia dengan luas area hutan lebih dari 40 juta hektare. Di dalamnya terdapat berbagai jenis satwa langka yang hanya ada di hutan Kalimantan. Sayangnya saat ini kondisinya sudah lain lagi.

11. Macan Asia yang Tertidur

Julukan Macan Asia yang Tertidur diberikan kepada Indonesia pada masa pemerintahan Soeharto. Kala itu, Indonesia menjadi negara yang cukup disegani. Selain itu, julukan ini pun mengacu pada potensi yang dimiliki Indonesia untuk berkembang menjadi negara besar.

12. The Biggest Moslem Population

Dengan jumlah penduduk mencapai 500 juta jiwa, Indonesia memiliki keanekaragaman suku bangsa dan budaya.

Begitu pula dengan agama.
Pemerintah Indonesia secara resmi mengakui enam agama, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu.

Indonesia merupakan negara berpenduduk Muslim terbanyak di dunia dengan persentase 85 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

13. Heaven of Earth



Hamparan pegunungan dan dataran tinggi menjadikan Indonesia sebagai negara yang dijuluki Heaven of Earth yang berarti surga bumi.

Dengan pemandangan yang memanjakan mata, dunia pun menjadi takjub saat melihat Indonesia.

14. Balinesia



Bali merupakan destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Lanskap alam yang indah membuat wisatawan menjadi kagum dan menjuluki Indonesia sebagai Balinesia.

15. Our Large Neighbour to North and Nearest Asian Neighbour

Julukan ini diberikan pemerintah Australia kepada Indonesia. Australia melihat Indonesia sebagai negara Asia Tenggara terbesar dan terdekat dengan Australia.

Itu merupakan kelebihan negeri kita ini. Semakin cinta ya, dengan bangsa ini.
Top