Luar Biasa, Suku-Suku di Indonesia Ini Terkenal Paling Misterius



Tanah air tercinta Indonesia begitu terkenal akan keberagaman adat dan suku yang tersebar luas dari Sabang sampai Merauke sejak era nenek moyang kita sampai masa sekarang ini. Setiap suku yang ada di tanah air pun memiliki adat sampai kepercayaan tersendiri bahkan hingga hal-hal yang memiliki unsur gaib sekalipun. Tapi siapa sangka dari 1.340 suku yang ada di tanah air masih ada 4 suku lain yang dipercaya merupakan suku gaib.

BACA JUGA : Mengerikan, Tradisi Nikahkan Mayat Demi Tolak Balak

Konon ke 4 suku gaib tersebut diceritakan kadang muncul dan menghilang begitu saja, bahkan mereka pun dipercaya bisa mendatangkan musibah jika diusik oleh orang lain. Namun meski sudah dicertakan secara turun temurun keberadaan mereka sampai sekarang masih jadi misteri. Nah, inilah 4 suku gaib misterius di Indonesia.

Suku Limun

Suku limun atau yang lebih dikenal orang limun merupakan sebuah suku yang dipercaya menghuni daerah padang 12 di Kalimantan Barat. Padang 12 sendiri sebenarnya hanyalah sebuah lahan kosong yang hanya ditumbuhi pohon-pohon pinus. Hanya saja sejak lama padang 12 dikenal sebagai salah satu kawasan mistis di tanah Borneo. Orang-orang setempat meyakini jika disinilah orang limun berada yang hanya dapat terlihat oleh orang-orang terpilih.

Menurut kisah, konon orang limun adalah orang-orang yang sangat suci dan taat beribadah. Tapi versi lain menyebut jika orang limun adalah makhluk sebangsa jin muslim. Orang limun dipercaya sering memberi rejeki untuk manusia yang menolongnya tapi sampai sekarang keberadaan mereka tidak dapat terungkap sampai sekarang ini.

Orang Bunian

Orang bunian sejak lama disebut-sebut sebagai sebuah suku makhluk gaib yang berada di hutan pedalaman Sumatera Barat. Suku ini selalu dikaitkan dengan kasus hilangnya seseorang yang sedang menjelajahi hutan bahkan sempat tersiar kabar jika orang bunian juga menjadi penyebab hilangnya sebuah pesawat.

Menurut cerita orang bunian tidak bisa diketahui seperti apa wujud rupanya, karena setiap kali akan menampakkan wujud mereka selalu muncul dengan paras yang hampir sama seperti manusia. Konon manusia yang masuk ke dunia orang bunian tidak akan pernah bisa keluar.

Suku Paloh

Masih dari tanah Borneo, Desa Paloh yang berada di Kalimantan Barat konon juga terdapat suku gaib yang misterius. Suku tersebut dikenal dengan nama suku paloh. Konon suku gaib tersebut menghuni hutan pedalaman yang berada di dekat desa Paloh. Menurut cerita suku paloh hidup di dunia yang jauh lebih modern daripada manusia mereka dipercaya merupakan makhluk sebangsa jin.

Suku Bati

Di bagian utara pulau Ambon juga konon terdapat satu suku gaib yang sangat misterius yaitu suku bati. Suku bati yang berada di kawasan Pulau Seram ini dipercaya bisa berubah wujud menjadi kelelawar. Masyarakat setempat percaya jika suku ini hidup di gua-gua pada hutan yang tidak pernah terjamah oleh manusia. Saat malam mereka akan berubah wujud menjadi kelelawar untuk terbang dan menculik anak kecil sebagai santapan mereka.
Top