Konyol, Di Rumah Sakit ini Peluk Bayi Sendiri Harus Bayar Rp 520 Ribu



Tiap-tiap rumah sakit memang mempunyai ketentuan berbeda-beda dengan administrasi kepada setiap pasienya. Seperti proses persalinan misalnya, sudah wajar bila biaya bersalin dengan metode caesar akan dikenakan biaya yang tidak sedikit. Semakin mewah rumah sakit dan semakin bagus kelas kamar rawat inap yang diminta maka akan semakin banyak pula biaya yang dikenakan.

Namun, di rumah sakit ini agak tidak biasa. Siapa sangka sekarang ada biaya untuk memeluk bayi setelah ibu melahirkan lewat bedah caesar.

Peristiwa ini terjadi pada Ryan Grassley, seorang pria kebangsaan Amerika yang terkejut ketika melihat rincian biaya melahirkan buah hatinya dengan sang istri tercinta.

Grassley tidak percaya rumah sakit tempat istrinya bersalin membebani biaya peluk bayi dalam keseluruhan biaya bersalin yang harus dia bayarkan.

Baca Juga : Bayi-Bayi Panda ini Lucu Banget, Bisa Bisanya Unjuk Gigi Saat Dilihat Turis

Biaya peluk bayi yang diistilahkan oleh Utah Valley Hospital dengan sebutan skin to skin after C-sec dibanderol dengan harga sebesar 39,95 dollar AS atau lebih kurang Rp 520 ribu.

Awalnya, Grassley menyangka pihak rumah sakit keliru, tetapi dugaannya salah. Sebab, biaya peluk bayi tersebut benar-benar ada.

Grassley yang merasa bahwa hal itu sangat konyol mengunggah bukti pelunasan lengkap dengan rincian biaya peluk bayi itu ke situs Reddit.

“Aku harus membayar untuk memeluk bayiku setelah dia lahir,” tulis Grassley.

Dia pun menerangkan pada unggahan itu bahwa salah satu suster yang menangani proses persalinan istrinya menanyakan apakah dia ingin memeluk bayinya.

Otomatis, dia menjawab, iya. Tak diketahui sebelumnya, ternyata pelukan itu ada harganya. Hahaha, kena deh.

Pelukan orangtua pada bayi yang baru lahir merupakan hal yang sangat wajar dan seharusnya tidak membuat orangtua harus membayar untuk momen berharga tersebut.  Namun, pelukan tersebut ada harganya di Utah Valley Hospital, AS.

Baca Juga : Kisah Rey Utami: Hari Pertama Kenalan, Hari ke 2 Dibelikan Mobil, Hari ke 5 Dilamar, Hari ke 7 Nikah.

Pihak humas rumah sakit, Janet Frank, menjelaskan kepada New York Times bahwa biaya itu ada karena waktu ekstra yang dihabiskan suster dalam ruang persalinan setelah proses melahirkan selesai.

Sebab, suster harus memastikan kondisi ibu, bayi, dan ayah baik-baik saja setelah bedah caesar.

Grassley mengatakan, dia tidak kesal harus membayarkan biaya peluk tersebut.

“Aku dan istriku telah mempersiapkan biaya persalian dari jauh-jauh hari. Kami tahu biaya melahirkan tidak murah,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa semua tim dokter dan suster telah menangani serta merawat keluarga kecilnya dengan baik.

“Kami hanya menganggap ini lucu sekali. Kami kaget melihat rincian biaya saat akan meninggalkan rumah sakit. Siapa sangka kami pun harus membayar mereka (rumah sakit) karena harus memerhatikan kami sewaktu memeluk bayi kami,” pungkasnya.

Hahaha, bagaimana pendapat anda jika di salah satu rumah sakit di Indonesia ada kebijakan semacam ini? Kesel nggak sih? Padahal tidak diberitahukan sebelumnya.
Top