Ketahui 7 Fakta Menarik Seputar Hormon Cinta


Tahukah Anda bahwa tubuh Anda memproduksi hormin cinta yang disebut juga sebagai hormon Oxytocin. Hormon ini dipercaya dapat memberi ketenangan pada hati dan berfungsi untuk mempererat hubungan yang romantis.

Hormon cinta ini akan memperkuat kepercayaan antara kedua pasangan, sehingga membuat hubungan mereka menjadi lebih romantis dan semakin dibumbui rasa cinta dan kasih sayang.

Berikut ini ada beberapa fakta menarik seputar hormon cinta yang harus Anda ketahui, dilansir dari Palingseru.

1. Siap digunakan

Hormon oxytocin yang diproduksi langsung oleh tubuh ini diketahui akan selalu siap untuk digunakan kapan saja dan dimana saja. Ketika seseorang melakukan ciuman, pelukan, bahkan hanya kontak fisik saja, hormon ini akan sendirinya diproduksi oleh tubuh dan membuat Anda semakin merasa bahagia.


2. Menguatkan ikatan pada pasangan

Hormon cinta ini juga dapat memperkuat ikatan pada pasangan. Dengan hormon ini pasangan akan saling merasa percaya dan semakin cinta. Tak hanya itu, hormon ini juga dapat meningkatkan gairah seks seseorang untuk bercinta dengan pasangannya.


3. Ikatan ibu dan anak

Hormon ini dapat berpengaruh pada semua jenis cinta dan hubungan. Tak hanya hubungan asmara saja, tetapi juga hubungan anatara ibu dan anaknya. Hormon ini dapat membuat hubungan ibu dan anak akan semakin kuat dan erat. Dengan hormon Oxytocin ini hubungan antara ibu dan anak akan semakin dekat dan hangat.

BACA JUGA : Inilah 7 Tips dan Catatan Penting Melatih Kedisiplinan Anak Anda

4. Mengatasi rasa takut

Tak hanya bisa menguatkan rasa cinta antara kedua pasangan, tetapi juga dapat membuat seseorang semakin merasa percaya diri, optimis dan menghilangkan rasa takut yang berlebihan timbul dalam diri seseorang.


5. Meredakan rasa sakit

Tak hanya dapat membuat seseorang semakin merasa percaya diri, tetapi hormon Oxytoci ini juga dapat meredakan rasa sakit akibat terluka. Hormon ini juga dapat membuat penyembuhan luka yang semakin cepat. Menurut hasil penelitian ada beberapa rasa sakit yang dapat diredakan oleh hormon tersebut seperti kram otot, sakit otot, sakik kepala dan migran.


6. Mencegah depresi

Hormon Oxytocin ini juga dapat mencegah seseorang mengalami depresi. Hal ini dikarenakan hormon ini akan membuat seseorang menjadi tenang dan damai, sehingga sangat jauh sekali jika sampai mengalami depresi.


7. Meredakan stres dan meningkatkan pencernaan

Bukan hanya depresi, stres yang menjadi penyebab depresi pun juga bisa diredakan oleh hormon ini. Hormon Oxytocin itu, dapat membuat seseornag yang mengalami stres menjadi tenang dan damai. Tak hanya itu, hormon ini juga dapat  meningkatkan pencernaa, karena hormon ini  bisa mengontrol pergerakan usus, meningkatka kemampuan pencernaan,  dan juga menurunkan peradangan pada usus.
loading...
Top