Keren, Ternyata Indonesia Adalah Negara Trilingual Terbesar, Ini Buktinya



Apa itu trilingual? Trilingual adalah kemampuan seseorang untuk berbicara dalam tiga bahasa. Nah, dalam hal ini, Indonesia adalah negara yang terbesar. Sebuah lembaga survey SwiftKey membuat sebuah penelitian yang memberikan hasil membanggakan bagi Indonesia.

Hasil survey menunjukkan produksi infografik yang luar biasa, Indonesia ternyata menjadi negara yang masyarakatnya terbiasa mengetik dengan tiga bahasa sekaligus. Indonesia berada di peringkat pertama negara trilingual karena penguasaan tiga bahasa masyarakatnya, yaitu Bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu, Jawa sebagai bahasa daerah, dan bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Peringkat itu diikuti dengan Israel (Inggris, Ibrani dan Rusia) dan Spanyol (Catalan, Inggris, dan Spanyol).



Keren ya, bahwa bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia diakui dunia Internasional. Bahasa Indonesia sendiri adalah yang paling tinggi untuk digunakan. Ya, memang bukan rahasia lagi kalau bahasa Indonesia banyak digunakan untuk kehidupan sehari-hari. SwiftKey menghasilkan 17,4 persen orang Indonesia mampu berbicara tiga bahasa. Bukan hanya itu, Indonesia juga termasuk negara dengan pengguna bilingual (dua bahasa) terbesar ketiga dengan 57,3 persen.

Baca Juga : [Efek Tax Amnesti] Singapura Lagi Kelabakan, Karena Para Miliarder Indonesia Menarik Hartanya

Israel menempati posisi dua dengan 11,4 persen masyarakatnya mampu berbicara lebih dari tiga bahasa. Sementara Spanyol mengikuti di tempat ketiga dengan 10,4 persen.

Negara Asia dan Eropa jadi negara dengan multi bahasa.



Menurut SwiftKey, 27,5 persen masyarakat Indonesia bisa bicara multi bahasa (lebih dari satu). Israel sendiri didominasi bahasa Inggris, Ibrani dan Rusia. Sementara Spanyol adalah bahasa Katalan, Inggris dan Spanyol sendiri. Uniknya, negara-negara di Eropa dan Asia memang dikenal memiliki multi bahasa.

Lima besar negara bilingual adalah Israel (74,7 persen), Mesir (68,0 persen), Indonesia (57,3 persen), Arab Saudi (53,5 persen) dan Swedia (51,0 persen). Sementara untuk lima besar trilingual, setelah Indonesia, Israel dan Spanyol, ada Belanda (10,1 persen) serta Swedia (9,7 persen).

Membanggakan bukan? Nah, kamu sendiri apakah trilingual? Apa saja bahasa yang kamu kuasai selain Indonesia?
loading...
Top