Jika Diperhatikan, Kenapa ya Jendela Pesawat Berbentuk Oval?

Salah satu kendaraan umum dengan jalur udara adalah Pesawat. Banyak perusahaan pesawat di dunia, tapi ada satu hal yang membuat model pesawat sama Apalagi kalau bukan jendelanya. Lalu kenapa ya jendela pesawat dibentuk seperti itu, tidak bentuk yang lain?



BACA JUGA: Modal Hijab, Pengemis Ini Raup Untung Rp 33 Juta Perbulan. Mau?

Dilansir dari wittyfeed, Ternyata ada alasan tersendiri loh jendela pesawat dibikin mlengkung atau oval.⠀ Pada tahun 1953, pesawat tidak memiliki jendela yang bulat melainkan persegi panjang Mungkin seperti jendela yang kita miliki di rumah atau jendela mobil kita.

Lalu apa yang membuat jendela pesawat berubah bentuk? Seiring berkembangnya volume pesawat, maka digantilah dari yang sebelumnya berbentuk kotak, kini berubah menjadi oval.



Jendela model persegi panjang sangat beresiko kepada kerusakan pesawat itu sendiri. Bentuk persegi panjang mempunyai empat sudut, di mana keempat sudut itu akan rentan di bawah tekanan udara.

Sebagai contoh pada tahun 1953, satu-satunya pesawat komersil yang memiliki jendela persegi panjang tidak mampu menopang tekanan udara. Akibatnya jendela pesawat itu pecah dan menewaskan 53 penumpang.

Sementara jika jendela itu bulat, itu artinya ia tidak memiliki sudut yang rentan terhadap tekanan angin. Jendela yang bulat terbukti mengatasi resiko kecelakaan jendela pecah.
Top