Jangan Remehkan! Ini Akibatnya Jika Anda Malas Mencuci Handuk


Handuk adalah salah satu perlengkapan sehari-hari yang hampir tidak bisa kita tinggalkan. Seperti halnya, pakaian yang tiap hari dipakai, tentunya anda juga perlu menaruh perhatian khusus pada handuk. Masalahnya, apakah banyak orang yang memberi perhatian khusus pada perawatan tubuh atau kesehatan dirinya dengan rutin mencuci handuknya?

Ataukah banyak di antara kita yang tak terlalu memikirkan koneksi antara kesehatan tubuh dan perawatan handuk? Ataukah kita terlalu sibuk untuk sekedar meluangkan waktu mencuci handuk? Ingatkah anda kapan terakhir kali mencuci handuk? Apa akibat terburuk jika kita malas mencuci handuk?

BACA JUGA : Penting! Hentikan Segera 4 Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Ginjal Anda Rusak

Mungkin yang Anda takutkan adalah infeksi kulit, atau mungkin jamur mulai berkembang dan bertebaran di mana-mana.

Eits, bukan hanya itu, bisa-bisa Anda berakhir di ruang ICU. Dilansir dari Prevention / Women’shealth Mag via lintas6, Direktur Klinik Layanan Microbiology di New York Susan Whttier, PhD mengatakan, meskipun anda sudah membersihkan diri dengan handuk setelah mandi, tetap ada kemungkinan anda mentransfer bakteri ke handuk anda. Bakteri itu pun berkembang makin banyak dan banyak dari hari ke hari.

Menurut Whittier, jika anda merupakan pembawa bakteri patogenik, seperti MRSA, sekitar 10 persen dari kesehatan tubuh manusia atau jika anda memiliki penyakit kulit tertentu, maka anda berpotensi menginfeksi diri anda sendiri.

Ada pula risiko kecil, anggaplah kurang dari 1 persen, infeksi tetap bisa menyebar tak hanya lewat kulit, tapi juga lewat darah anda. Maka, anda pun berisiko masuk rumah sakit. Bahkan, untuk orang yang membawa MRSA, mencuci handuk setelah 4-5 kali penggunaan pun tetap berpotensi terkena infeksi.

Apalagi, jika anda tidak mencuci handuk setelah 4-30 kali penggunaan, anda pun lebih berisiko terinfeksi jamur. Normalnya, orang yang sehat seharusnya tidak membawa jamur pada kulit.

Lalu seberapa sering anda wajib mencuci handuk?

Ahli kesehatan dari Lenox Hill Hospital, New York Keri Petersen, MD mengatakan 3-4 kali pakai, anda wajib mencuci handuk. Penggunaan lebih dari itu, maka berpotensi meninggalkan bakteri dan jamur di handuk.

Rawat handuk anda dengan baik, misalnya gantungkan di tempat yang kering dan tidak lembab. Lebih bagus untuk menggantungkan handuk secara melebar di sebuah rak, sehingga bisa kering dengan sempurna dan menyeluruh. Sebelum anda mandi, buka pintu sedikit, atau bila memungkinkan nyalakan kipas angin di toilet saat mandi, sehingga udara menjadi tidak lembab.
loading...
Top