Inilah Nasehat Untuk Mencari Pekerjaan yang Sifatnya Tidak Mengikat


Berkata Asy Syaikh Mushthofaa Mabrom - Hafidzohulloh

Aku menasehatkan kepada saudara-saudaraku jazaa kumulloh khoiron terkhusus yang tinggal diluar negara-negara islam untuk bersemangat pada pekerjaan yang tidak mengikat. Yang mana mereka bisa mengatur pekerjaannya sendiri.


Dan ini bukan perkara yang mudah pada setiap orang dikarenakan sudah maklum,bahwasanya hal tersebut dibutuhkan penciptaan lapangan kerja yang baru ataupun perencanaan modal.

Akan tetapi Aku berbicara kepada orang yang sanggup melakukannya.

Dan barangsiapa bisa melakukannya dan mampu mempekerjakan saudaranya sesama muslim pada pekerjaan tersebut maka itu lebih baik bagi dia.     

Maka pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya mengikat,sebagaimana Aku mendengar dari Syaikh Kami Muqbil alaihi rohmatulloh berkali-kali dan berulang-ulang, Beliau berkata: "Manusia yang paling kurang tawakkalnya adalah para pegawai"

Dan Aku pernah mendengar Syaikh Kami Al Fauzan hafidzahullahu ta'aalaa kurang lebih dua kali,pada syarah Beliau atas kitab Al 'Umdah pada pelajaran umdatul ahkaam Menasehatkan untuk tidak menoleh kepada pekerjaan yang mengikat,dan supaya bekerja pada pekerjaan yang tidak mengikat,dan bahwasanya orang yang bergantung kepada pekerjaanya kurang tawakkalnya-atau yang semakna dengan itu-maka menjadikan dia bergantung dengan gaji.
                                
Maka Aku nasehatkan kepada para ikhwan jazaa kumullah khoiron untuk mereka bersemangat mendapatkan pekerjaan yang tidak mengikat.

Dan urusannya insyaa allah menjadi mudah "Dan sesungguhnya itu adalah amalan yang mudah pada orang yg Allah mudahkan atasnya"
loading...
Top