Inilah Beberapa Penyebab Telinga Anda Terasa Berdengung


Telinga berdengung bisa disebabkan oleh berbagai faktor, secara umum bisa digolongkan ke dalam penyebab yang paling ringan hingga bisa juga dikategorikan ke dalam penyebab yang serius. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan telinga berdengung di antaranya adalah:

Stres

Stres merupakan suatu kondisi kejiwaan yang tidak stabil. Telinga berdengung bisa saja hadir ketika kondisi seseorang berada dalam kondisi kejiwaan yang tidak stabil, tertekan, atau mungkin saja sedang mengalami depresi. Kondisi kejiwaan yang tidak stabil akan menyebabkan gangguan kesehatan dan juga nyeri persendian, tidak terkecuali juga telinga berdengung.

BACA JUGA : Telinga Anda Berasa Berdengung? Obati dengan Cara Tradisional Berikut

Alergi

Salah satu jenis reaksi alergi juga bisa ditunjukkan dengan gejala telinga berdengung. Alergi juga bisa memicu munculnya lendir pada bagian telinga tengah di mana kondisi tersebut jika tidak memperoleh penanganan yang serius bisa saja menyebabkan tekanan yang lebih besar. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, bisa saja kondisi tersebut akan menyebabkan infeksi.

Suara Keras

Batas suara toleransi yang bisa didengar oleh manusia berkisar antara 20 hingga 20.000 hertz. Jika ada suara yang berada di atas 20.000 hertz kemungkinan besar suara tersebut terlalu keras dan bisa merusak telinga. Jadi bagi Anda yang memiliki kebiasaan mendengarkan suara musik terlalu keras sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Penyakit Meniere

Penyakit meniere tergolong ke dalam penyebab telinga berdengung yang cukup serius. Penyakit meniere merupakan salah satu bentuk adanya kerusakan pada telinga bagian dalam. Seseorang yang mengalami penyakit meniere biasanya juga akan mengalami gangguan keseimbangan, sebab salah satu fungsi dari telinga adalah untuk sistem keseimbangan tubuh. Selain keseimbangan yang mengalami gangguan, penyakit meniere juga ditandai dengan gejala telinga yang terus berdengung.

Saraf Mengalami Gangguan

Telinga berdengung juga bisa disebabkan oleh sistem saraf yang mengalami gangguan. Apabila kondisi ini tidak segera ditangani bukan tidak mungkin penderita akan mengalami gangguan pendengaran (tuli).

Obat Mengandung Aspirin

Terlalu sering mengkonsumsi obat yang mengandung aspirin juga bisa menyebabkan telinga berdengung. Bagi Anda yang terlalu sering atau memiliki kebiasaan mengkonsumsi obat ini sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, apalagi jika Anda juga mengalami kondisi telinga berdengung.

Sakit Gigi

Sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja. Seseorang yang sedang mengalami sakit gigi biasanya akan merasa sangat tersiksa bahkan rasa sakit biasanya akan menyebar hingga ke area telinga. Rasa sakit yang menyebar ke area telinga tersebut biasanya juga menyebabkan telinga berdengung.

Diet Terlalu Ketat

Melakukan diet sehat memang disarankan bagi siapa saja yang menginginkan tubuh sehat sekaligus proporsional. Namun, melakukan diet dengan cara yang salah justru bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya menyebabkan telinga berdengung. Kondisi semacam itu terjadi karena asupan nutrisi tidak terpenuhi dengan baik sehingga memunculkan gangguan kesehatan.

Cedera

Penyebab lain telinga berdengung ialah pernah mengalami cedera di bagian telinga. Bisa jadi cedera tersebut juga merusak organ di dalam telinga sehingga telinga merasa selalu berdengung dalam waktu yang lama.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi ternyata tidak hanya menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan juga diabetes saja. Hipertensi ternyata juga menyebabkan munculnya gejala telinga berdengung. Biasanya gejala telinga berdengung yang disebabkan oleh hipertensi akan diikuti dengan gejala sakit kepala.
loading...
Top