Ini Dia Modem Internet Pertama Dengan Kekuatan 5G, Download Bisa Sampai.... Perdetik!

Penulis Unknown | Ditayangkan 19 Oct 2016
Belum lama muncul teknologi internet berkecepatan 4G atau biasa disebut LTE, kini muncul teknologi baru yakni 5G. Meskipun teknologi 5G sendiri belum mempunyai standar sendiri, tapi modem dengan teknologi ini sudah diproduksi.

Ini Dia Modem Internet Pertama Dengan Kekuatan 5G, Download Bisa Sampai.... Perdetik!

BACA JUGA: Baca Kalimat Ini 1 Menit, Berpotensi Mengubah Hidupmu 10 Tahun Kedepan

Adalah persuahaan  Qualcomm yang sudah mengumumkan Snapdragon X50 sebagai modem pertama yang berjalan dalam platform 5G. Executive Vice President Qualcomm Cristiano Amon dalam presentasinya pada 4G/5G Summit 2016 di Hong Kong, mengatakan bahwa X50 akan beroperasi pada gelombang milimeter (mmWave) pada spektrum 28 GHz.

Lebih cepat dari 4G, teknologi 5G dapat mengunduh data hingga 5 Gigabit perdetiknya. Chief Technology Officer Qualcomm, Matt Grob mengatakan bahwa kecepatan teknologi internet 5G sebetulnya bisa lebih dari itu, bahkan bisa mencapai 20 Gbps pada jalur down link.

Namun, kecepatan upload masih belum diketahui secara pasti. Grob menyebutkan jia masih banyaj yang bisa dikembangkan dari teknologi 5G ini agar berjalan lebih lancar dan maksimal.

Ini Dia Modem Internet Pertama Dengan Kekuatan 5G, Download Bisa Sampai.... Perdetik!

Setidaknya perlu riset selama 10 tahun untuk mengeksplorasi teknologi mmWave tersebut.
Saat ini, Qualcomm tengah mematangkan ekosistem 5G temuannya dan membuka peluang bagi operator untuk menguji coba teknologi tersebut.

Sampel produk X50 ini diperkirakan sudah siap digunakan untuk pengujian di lapangan pada semester kedua tahun 2017. Modem model X50 diperkirakan sudah mulai edar pada 2018 mendatang, khususnya untuk Olimpiade Korea Selatan. Adapun untuk konsumsi dunia kemungkinan bisa dilakukan pada 2020.
SHARE ARTIKEL