Heboh, Google Maps Tak Sengaja Munculkan Pangkalan Militer "Rahasia"


Satelit Google Maps baru-baru ini menampilkan pulau Aba yang merupakan pangkalan militer rahasia milik Taiwan. Terkait hal ini, pemerintah Taiwan telah meminta Google mengaburkan gambar itu.

Pulau di Laut China Selatan yang juga bernama Taiping itu disebut menjadi lokasi instalasi militer rahasia milik pemerintah Taiwan. Dan mereka meminta gambar satelit tersebut dikaburkan untuk menjaga keamanan rahasia militernya.

Dilansir dari indoheadlinenews, juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan mengungkapkan, “Untuk melindungi rahasia militer dan keamanan, kami telah meminta Google untuk mengaburkan gambar dari fasilitas militer penting kami”.

Gambar yang dimaksud itu adalah sebuah struktur bangunan berbentuk bulat yang dikelilingi oleh empat struktur bangunan lain. Gambar ini muncul saat Google memperbarui citra satelitnya pada Juli lalu.

BACA JUGA : Akibat Bully Penderita Kanker, Gadis Cantik ini Di Gundul Plontos Oleh Ibunya Sendiri

Tak jelas instalasi militer apa yang dibangun oleh Taiwan di pulau itu, yang pada citra satelit beberapa bulan sebelumnya, struktur bangunan itu belum ada. Pemerintahan Taiwan pun enggan mengungkap informasi lebih detail mengenai bangunan tersebut.

“Tak nyaman bagi kami untuk mengungkap fasilitas militer yang kami pasang di pulau Taiping, dan juga kegunaannya,karena semua fasilitas itu adalah rahasia,” tandas Menteri Pertahanan Taiwan Feng Shih-kuan.

Sejumlah analis militer berasumsi kalau instalasi itu merupakan bagian dari alat utama sistem senjata (alut sista) Taiwan untuk mempertahankan keamanan pulau Taiping. Seperti rudal anti pesawat, atau bisa juga sekadar alat pendeteksi dan pengintai.

Kemunculan gambar ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan hubungan antara Taiwan dengan China soal kepemilikan pulau tersebut. Sekadar informasi, saat ini Taiwan adalah negara yang mempunyai hak mengontrol pulau Taiping, yang diperebutkan oleh beberapa negara lain, seperti Tiongkok, Vietnam dan Filipina.
Top