Grandpa Dobri, Pengemis 101 Tahun yang Menjadi Donatur Terbesar Sebuah Gereja Tua



Beberapa dari Anda mungkin ada yang pernah melihat gambar kakek tua ini, meski tak tahu siapa kakek tersebut dan apa pekerjaannya. Kakek ini adalah seseorang yang sangat mulia dan memberikan contoh nyata pada dunia bahwa masih ada orang-orang yang murah hati di jaman yang semkin parah ini.

Dikutip dari Liputan6, kakek tua ini biasa disapa dengan Grandpa Dobri dan tinggal di sebuah desa kecil di Bulgaria. Grandpa Dobri yang hidup sederhana ini mengumpulkan uang untuk diberikan ke organisasi amal seumur hidupnya. Kakek yang kini berusia 101 tahun ini memiliki misi mengumpulkan dana untuk memperbaiki gereja dan biara yang ada di Bulgaria. Ia tak pernah sekali pun menyimpan uang yang orang-orang berikan kepadanya. Grandpa Dobri hidup dari uang pensiunnya setiap bulan sebesar 100 euro atau sekitar 1,5 juta rupiah dan juga dari bantuan orang-orang sekitar yang menyumbangkan makanan atau pakaian.

BACA JUGA : Kasihan, Perut Bayi ini Membesar karena Derita "Hirschsprung Disease", Fesesnya Harus Disedot 2x Sehari

Di tahun 2010 silam, salah satu stasiun TV di Bulgaria membuat dokumentasi tentang gereja Cathedral of Alexander Nevsky di kota Sofia. Seorang jurnalis yang sedang melakukan research menemukan informasi tentang sumbangan terbesar yang pernah diterima oleh gereja tersebut, yaitu sebesar 20 ribu Euro atau sekitar 300 juta rupiah. Ternyata, orang di balik sumbangan terbesar tersebut adalah Grandpa Dobri.

Kakek dengan rambut putih ini bahkan dikabarkan pernah memberi bantuan pada panti asuhan yang tak memiliki penghangat ruangan atau lampu. Meskipun ia sendiri adalah seorang pengemis, ia tak segan memberikan uangnya ke sesama yang membutuhkan bantuan.
loading...
Top