Detik-Detik Mengerikan: Baru Take Off, Pesawat ini Terekam Kamera Terjebak Badai dan Tersambar Petir



Penerbangan memang harus dilakukan dengan sangat aman, karena itu berbagai hal yang disiapkan dengan matang. Baik itu faktor internal maupun eksternal. Faktor internal mungkin bisa di atasi sesuai dengan kemampuan personilnya namun untuk faktor eksternal dalam penerbangan seperti cuaca yang tak menentu itu menjadi di luar jangkauan.

Karena itu keberadaan tim pembaca cuaca dalam dunia penerbangan peranya begitu penting untuk memberitahukan wilayah yang dilanda cuaca buruk.

Nah, apa jadinya bila semua yang diprediksikan ternyata tidak tepat?
Belum lama ini, sebuah video pesawat yang baru saja take off alias lepas landas tersambar kilat beredar di media sosial dan menjadi viral. Pesawat yang terbang belum terlalu tinggi itu masih tertangkap kamera saat kilat menyambarnya. Padahal memang seharusnya sudah alat canggih penangkal petir di pesawat, tapi itu hanya meminimalisir saja. Tidak sepenuhnya,

Baca Juga : [Efek Tax Amnesti] Singapura Lagi Kelabakan, Karena Para Miliarder Indonesia Menarik Hartanya

Dikutip dari tribun travel dilansir laman Mirror.co.uk, Kamis (6/10/2016) sebuah pesawat yang baru saja lepas landas tidak dapat melarikan diri dari badai.

Detik-detik menakutkan pesawat disambar petir itu tertangkap kamera saat badai dan petir sedang terjadi. Rekaman ini diambil di Islandia dan telah dibagikan di berbagai media online hingga dibaca ribuan netizen. Dalam rekaman tersebut, sebuah pesawat yang baru naik mencoba untuk menghindari awan gelap.


Sayangnya, sembaran petir tak dapat dihindari dan mengenai badan pesawat. Tapi, tidak ada cedera dilaporkan dan pesawat tersebut diyakini tidak mengalami kerusakan. Pesawat tersambar petir ini bukan yang pertama kali terjadi.

Pada bulan Mei lalu, kejadian pesawat tersambar petir tertangkap oleh kamera CCTV saat ada badai besar di sekitar bandara. Padahal saat itu pesawat sedang diparkir di Bandara Internasional Jieyang Chaoshan, di Provinsi Guangdong China timur.



Pesawat tersambar kilat kurang dari sepersekian detik itu memunculkan percikan api berwarna oranye, keempat roda jet itu pun terbakar.
Tidak ada penumpang atau awak kabin di dalam pesawat saat kejadian tersebut.


Wah, mengerikan ya. Memang ada alat penangkal petir di pesawat, alat pelindung tersebut adalah Static Discharge System. Dengan alat ini sangat kecil pesawat terkena petir dan walaupun terkena sambaran petir tidak akan terjadi dampak yang besar pada pesawat itu sendiri. Apalagi dengan kemajuan sekarang pesawat modern akan memiliki keamanan penangkal petir yang bagus.
loading...
Top