Benarkah Bayi Yang Baru Lahir Tidak Boleh Dibawah Keluar Rumah Sebelum 40 Hari?

Terkadang sebuah mitos yang turun karena adanya sebuah kepercayaan dari nenek moyang yang secara turun temurun mereka wariskan kepada anak cucunya.



Ada yang berbentuk sebuah tradisi, larangan dan anjuran untuk melakukan suatu hal yang di anggap sakral.

Seperti kisah wanita yang dilansir dari kompas.com. melalui sebuah forum diskusi yang membahas tentang kesehatan, seorang wanita menanyakan pertnyaan sebagai berikut :

Halo dokter, saya sedang hamil 8 bulan. Yang ingin saya tanyakan, apakah benar bayi baru lahir yang berumur kurang dari 40 hari tidak boleh dibawa jalan-jalan ke luar rumah? Saya sering mendapat nasihat seperti itu. Apakah kalau bayi tidak dipegang-pegang oleh orang ia bisa tertular penyakit? Mohon penjelasan dokter. Terima kasih.

jawab

Bayi yang masih sangat muda, kurang dari usia 1-2 bulan memang sebaiknya tidak terpapar dahulu dengan orang banyak mengingat risiko transmisi/penularan kuman penyakit semakin besar bila semakin banyak orang yang kontak dekat dengannya.

Sistem kekebalan tubuh bayi belumlah sebaik anak-anak yang lebih besar sehingga ia akan lebih mudah tertular penyakit yang infeksius. Terlebih bila belum mendapatkan imunisasi yang cukup/lengkap.

Hindari kontak erat dengan banyak orang, biasakan mencuci tangan dengan bersih sebelum bersentuhan dengan bayi, praktek pola hidup yang bersih dan sehat, imunisasi yang lengkap dan teratur serta pemberian ASI eksklusif akan meminimalkan risiko terjadinya penularan penyakit pada bayi.

loading...
Top