Beduka Atas Kematian Sang Raja, Tampilan Media Thailand Menjadi Seperti Ini

Rakyat Thailand nampaknya begitu setia kepada rajanya yang meninggal beberapa hari yang lalu. Selain berkabung selama setahun, media disana rupaya juga melakukan hal serupa.



BACA JUGA: Waduh! Syok Melihat Ukuran "ITU" Suaminya yang Tidak Biasa, Istri Langsung Hajar Sampai Kwalahan

Dikutip Wajibbaca dari Indozone, Untuk berkabung atas meninggalnya Raja Bhumibol Adulaydej, Kamis lalu, Seluruh tampilan media di Thailand berubah menjadi hitam putih. Tak hanya media cetak dan media online saja, ternyata seluruh tayangan di TV juga menjadi hitam putih.

Kantor Berita AFP, Jumat (14/10), melaporkan pemerintah junta Thailand memerintahkan seluruh media mengubah program mereka dengan siaran yang sudah dipersiapkan kerajaan. "Seluruh stasiun televisi harus menautkan sinyal mereka ke pool televisi selama 30 hari," ujar juru bicara junta Letnan Jenderal Sanser Kaewkamnerd.

Tak hanya untuk stasiun TV lokal, peraturan itu juga berlaku untuk TV kabel internasional, termasuk Al Jazeera, BBC dan CNN.

Karena peraturan ini, warga Negeri Gajah Putih tidak akan mendapatkan akses berita independent di televisi mereka selama 30 hari, sebagai bentuk rasa berkabung atas meninggalnya Raja Bhumibol yang memimpin negara selama 70 tahun.

Hal yang sama juga diterapkan untuk media daring. Situs berita Bangkok Post, sebagai contohnya, kini mengubah seluruh tampilan warnanya menjadi hitam-putih. Begitu pula dengan media The Nation Thailand.

Koran lokal seperti Thairath, Matichon juga melakukan hal yang sama. Tampilan monokrom juga diterapkan di Pantip, forum ngobrol paling populer di Thailand.
Top