Alasan Ini yang Buat Kementrian Perdagangan Izinkan "Import Cangkul"



Kebijakan impor cangkul oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo menjadi sorotan publik. Lantaran, alat sederhana seperti cangkul saja terpaksa diimpor oleh Indonesia. Tindakan itu pun, dinilai sangat tidak mencerminkan nawacita yang digaungkan Presiden Jokowi.

BACA JUGA : Mengejutkan, Inilah Saran Ahok Untuk Peserta Unjuk Rasa 4 November

Impor cangkul dari Tiongkok yang dilakukan oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, dikonfirmasi telah mendapatkan izin resmi impor dari kementerian terkait, yaitu Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pun mengakui, pihaknya telah mengeluarkan izin impor cangkul tersebut pada antara April-Juni, atas rekomendasi dari Kementerian Perindustrian. Ia berdalih, karena sistem perizinan telah berbasis online, maka tingkat krusial tidaknya suatu barang untuk diimpor semacam ini tidak dapat disaring.

"Positifnya online itu cepat perizinan. Di sisi lain, kalau persyaratannya sudah terpenuhi, apapun pengajuannya dapat lolos disetujui," ujar Enggar di Sarinah Jakarta.

Dia melanjutkan, terkait rekomendasi impor cangkul berada di bawah wewenang pemantauan Kementerian Perindustrian. Kementerian Perindustrian akan menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil oleh pemerintah.

"Rapatnya kan tadi dilakukan di Kementerian Perindustrian, yang membahas apa penyebabnya, apa langkah selanjutnya Menteri Perindustrian. Sedang disimpulkan," ujarnya.
Top