Yang Punya Kolesterol (Jahat) Tinggi, Konsumsi 5 Bahan Alami ini!

Berbagai penyakit dapat timbul seperti hipertensi, jantung, hingga stroke karena kadar kolesterol jahat dalam tubuh menumpuk.



Karena itu, mengontrol tingkat kolesterol dalam tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan. Jika badan Anda mulai terasa tak sehat karena kolesterol tinggi? Jangan terburu-buru minum obat untuk menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa menurunkan kolesterol dengan bahan-bahan alami yang tak menyebabkan efek samping.

Tak hanya menurunkan kadar kolesterol tinggi, beberapa makanan juga bisa membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik yang akan membuat Anda lebih sehat. Jika ingin mengontrol tingkat kolesterol dalam tubuh, coba konsumsi beberapa makanan berikut ini, seperti dilansir oleh Health Site.

1. Bawang Putih



Selama ini bawang putih dikenal sebagai bumbu makanan yang juga mengandung manfaat medis. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat, mencegah peningkatan tekanan darah, dan mengurangi penimbunan plak pada arteri. Degan begitu, bawang putih juga bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

Bawang putih mengandung zat sulfur yang bekerja sebagai antioksidan yang membantu melebarkan pembuluh darah. Jika kolesterol Anda tinggi, coba konsumsi beberapa siung bawang putih mentah setiap hari. Anda juga bisa menghancurkannya dan mencampurnya dalam makanan. Untuk manfaat yang maksimal, potong-potong bawang putih, atau hancurkan. Lalu diamkan selama lima menit sebelum dimakan. Ini akan mengaktifkan zat bernama allicin dalam bawang putih yang penting untuk kesehatan.

2. Bawang Merah



Bawang merah mengandung zat yang disebut quercetin yang diketahui sebagai antioksidan kuat. Ini berarti bawang merah bisa mencegah efek merusak dari radikal bebas dalam jaringan tubuh manusia. Peneliti selama ini telah mengaitkan quercetin dengan peningkatan jumlah kolesterol baik dan menurunkan tingkat kolesterol buruk.

Jika Anda memiliki tingkat kolesterol yang tinggi, konsumsi bawang merah mentah. Anda bisa mencampurnya dalam salad atau menjadikan bawang merah sebagai jus. Anda juga bisa mencampur bawang merah ketika membuat jus sayuran lainnya.

3. Kacang



Kacang-kacangan seperti almond, pistachios, hazelnut, dan walnut kaya akan asam lemak tak jenuh yang bisa menyehatkan pembuluh darah. Namun lebih baik kacang dikonsumsi mentah tanpa menambahkan gula atau garam. Menambahkan gula garam hanya akan menambah kalori pada kacang tersebut.

Baca Juga : Asap Obat Nyamuk Bakar Adalah Racun Kelas Satu di Dunia, dan Telah Dilarang Penggunaanya

Jika Anda memiliki tingkat kolesterol tinggi, konsumsi kacang tersebut dalam jumlah yang wajar dan jangan tambahkan apapun. Jangan mengonsumsi terlalu banyak kacang karena lemak di dalamnya bisa meningkatkan berat badan dan justru berimbas buruk untuk kesehatan.

4. Ikan



Beberapa jenis ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat dan melindungi kesehatan jantung. Beberapa di antaranya adalah ikan salmon, makarel, sarden, herring, dan halibut. Ikan-ikan tersebut juga diketahui bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik.

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi konsumsi ikan-ikan tersebut dengan cara direbus atau dipanggang. Jangan menggorengnya karena justru akan menambahkan jumlah lemak yang buruk untuk tubuh. Selain mendapatkan asupan omega-3 dari ikan, Anda juga mendapatkan suplai selenium yang penting untuk tubuh.

Oat adalah sumber serat dan zat yang bernama beta glucan. Kedua zat tersebut akan membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, serat yang tinggi juga membantu mengurangi tingkat penyerapan kolesterol dari makanan.

Baca Juga :  Sssst, Bunda Bisa Tanam Sendiri 6 Sayuran ini dari Bahan Sisa Masak di Dapur

5. Oat



Semua tahu, kalau gandum dan oat berbeda karena lebih sehat oat. Maka jika Anda memiliki tingkat kolesterol tinggi, mengonsumsi oat adalah salah satu cara untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Anda bisa menambahkan buah untuk mendapatkan vitamin yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.

Itulah beberapa makanan alami yang bisa dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan tingkat kolesterol jahat. Makanan tersebut juga membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, melindungi jantung, dan menjaga kesehatan.

Top