Waspadai Segera, Ciri-Ciri Tubuh Anda Terkena Alergi atau Penyakit Serius?

Alergi adalah respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang memiliki alergi memiliki sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap suatu zat yang biasanya tidak berbahaya di suatu lingkungan.

Penyebab alergi yang terjadi berbeda-beda, mulai dari karena faktor lingkungan, keturunan, pola makan, dan lain-lain, seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang Penyebab Terjadinya Alergi.

Berikut ciri-ciri tubuh Anda sedang terserang alergi.

1. Kulit ruam-ruam kemerahan


Ruam ruam kemerahan pada permukaan kulit bisa berbentuk saling terpisah ada pula yang bergerombol seperti bentuk pulau pulau. Ruam tersebut biasanya gejala awal sebelum munculnya rasa gatal dan bentol bentol.

2. Bentol kecil atau besar 


Bentol kecil kecil atau besar bisa menyerang pada seluruh bagiabn kulit termasuk wajah. Bentuk bentol bentol tersebut dapat merusak penampilan anda terlebih setelah mengalami iritasi akibat sering digaruk.

3. Gatal gatal yang disertai efek panas


Jika kulit telah terserang ruam ruam dan bentol pasti akan ada rasa gatl yang akan datng setelahnya. Rasa gatal tersebut akan semakin terasa gatal jika digaruk dan bahkan menimbulkan iritasi dengan efek panas yang mengganggu aktifitas.

4. Timbul pembengkakan dan syndrom raynauds 


Jika gatal gatal telah menyebar kesekuruh bagian kulit biasanya akan timbul pembengkakan yang diiringi dengan syndrome raynauds yaitu alergi yang menyerang bagian kaki dan tangan secara bersamaaan karena penyebab atau reaksi alergi telah kontak langsung dengan pembuluh darah.

5. Gangguan saluran pernafasan 


Gangguan saluran pernafasan dapat berupa sesak nafas. Dada terasa nyeri dan nafas relatif pendek. Kondisi ini biasanya dikarenakan adanya zat beracun yang telah masuk dalam jaringan pernafasan atau paru paru misalnya asap rokok, Polusi asap pembakaran sampah atau Kebakaran hutan.

6. Bersin dan hidung berair


Banyak orang yang akan langsung bersin bersin lalu rongga hidungnya akan memproduksi cairan sepertiu sedang terserang pilek, Reaksi tersebut karena rongga hidung menolak adanya bau bauan yang menyengat yang masuk kejaringan tengah hidung sehingga bulu hidung akan spontan menahannya dan timbul rasa geli. Rasa geli itulah yang akan direspon oleh otak sebagai reaksi penolakan yang akhirnya menyebabkan seseorang bersin berkali kali saampai hidungnya berair.

Dari paparan di atas apakah Anda sudah bisa memastikan yang terjadi pada tubuh Anda apakah penyakit serius atau hanya alergi?
Top