Waspada! Inilah 5 Masalah Kesehatan Akibat Duduk Berjam - Jam


Sebagian besar karyawan terpaksa harus duduk selama berjam-jam di kantor. Tahukah Anda apa bahayanya? Duduk selama 8-10 jam sehari bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Berikut adalah lima masalah kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan duduk berjam-jam..

1. Sakit punggung

Duduk berjam-jam bisa menyebabkan rasa sakit di bagian punggung. Hal ini biasanya disebabkan oleh masalah kekuatan otot.

2. Mengganggu metabolisme

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa duduk selama berjam-jam dapat menganggu sistem metabolisme tubuh. Alhasil, tubuh mengalami penurunan kadar kolesterol baik, sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

BACA JUGA : Apakah Bagus Sering Makan Diatas Jam 7 Malam?

3. Diabetes

Duduk terlalu lama menyebabkan penurunan sensitivitas insulin, terutama pada wanita. Wanita yang duduk selama berjam-jam lebih berisiko terkena diabetes dibandingkan pria.

4. Nyeri leher

Duduk tegak selama berjam-jam juga dapat menyebabkan nyeri leher. Keluhan ini bisa disebabkan oleh peradangan pada sendi tulang belakang.

5. Kematian dini

Studi terbaru membuktikan bahwa semakin lama Anda duduk, semakin cepat Anda mati. Selain itu, kebiasaan duduk terlalu lama bisa meningkatkan jumlah kolesterol jahat dan melemahkan kolesterol baik. Ini dapat memperbesar risiko penyakit kardiovaskular atau penyumbatan pembuluh darah di jantung.

Jika Anda terpaksa harus duduk lama di kantor, usahakan sesekali untuk berjalan atau keluar dari ruangan. Perbanyak minum air dan lakukan olahraga secara teratur.
Top