Waow, Patung Perempuan Berusia 8000 tahun Ditemukan



Para arkeolog telah menemukan sebuah patung perempuan kuno dari batu berusia 8000 tahun di sebuah penggalian di Anatolia Tengah, Konya, Turki.

Patung itu ditemukan sebuah tim internasional yang dipimpin arkeolog, Profesor Ian Hodder dari Stanford University. Dengan ukuran 6,7 inci (17 cm) panjang dan berat 2,2 pon (1 kg), dan diukir dari batu marmer.

Hodder mengatakan patung ini ditemukan bersama dengan sepotong batu obsidian yang menunjukkan bahwa mungkin telah ditempatkan di sana sebagai bagian dari beberapa ritual.



Patung tersebut dianggap sebagai 'dewi kesuburan.' Namun, Hodder mengutip teori baru yang menunjukkan objek ini merupakan wanita yang lebih tua yang telah mencapai status tertentu.

Baca Juga : Para Pemimpin di Negara ini Mau Langsung Turun ke Jalan untuk Bantu Rakyatnya

"Patung tentu menunjukkan penafsiran baru dengan payudara dan perut yang kendur ," katanya, seperti dikutip Scinews (19/9/2016).

Sementara, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki menyatakan pada sebuah rilis akan temuan tersebut sebagai yang terbaik karena bentuknya yang utuh dan pengerjaannnya yang halus.

Situs "catalhoyuk" dimana patung itu ditemukan adalah salah satu situs Neolitik terbesar dan terbaik di dunia. Terletak di tenggara kota modern Turki Konya, sekitar 90 mil dari Gunung Hasan.

Pemukiman ini didirikan sekitar 7500 SM dan telah dihuni selama lebih dari dua ribu tahun.



Situs ini ditemukan pada awal 1960-an oleh arkeolog Inggris James Mellaart.

Penggalian di situs menghasilkan sejumlah besar artefak dan bangunan kuno termasuk lukisan dinding tentang sebuah kota berukuran 10kaki dan dua lembah, yang disebut- sebut sebagai peta tertua di dunia.
loading...
Top