Video "Makkah Tercipta Karena Seorang Wanita" Ini Bikin Ustadz Yusuf Mansur Menangis

Setiap muslim pasti rindu datang ke kota suci Makkah. Apalagi pada musim haji seperti ini.

Sebuah video berjudul “Makkah Tercipta karena Seorang Wanita” membuat Ustadz Yusuf Mansur menangis.

“Sungguh saya menangis melihat video ini dan bergetar hati..” kata pimpinan Pesantren Darul Quran ini melalui akun resmi Facebooknya.

Jangan Lewatkan :  Merokok 1 Bungkus Sehari, Qurban Setahun Sekali Bilang Gak Mampu ''Share Biar Sadar''



Video berdurasi 6 menit 43 detik ini adalah ceramah Syaikh Bilal Assad. Ia menjelaskan tentang sejarah kota Makkah. Dimulai dari pernikahan Ibrahim dengan Hajar, setelah Sarah tidak jua memiliki keturunan. Sarah-lah yang memberikan Hajar untuk dinikahi Ibrahim.

Setelah Ibrahim dan Hajar menikah, Allah kemudian mengaruniakan kepada mereka seorang putra bernama Ismail yang kemudian menjadi Nabi. Namun saat bayi yang telah lama dinanti kehadirannya itu lahir, tak lama kemudian Ibrahim membawanya ke sebuah lembah dan meninggalkannya bersama Hajar di sana.

Hajar tak mengerti mengapa ia dan bayinya ditinggal pergi. Ibrahim bahkan tak menjawab ketika ditanya “kepada siapa engkau meninggalkan kami?” Ibrahim semakin menjauh. Hingga akhirnya Hajar mengganti pertanyaannya, “Apakah Allah yang memerintahkanmu?” Ibrahim menjawab, “Ya”

“Kalau begitu, Allah tidak akan membiarkan kami. Allah tidak akan menelantarkan kami” kata Hajar tenang.

Kisah itu berlanjut ketika Hajar dan Ismail tak lagi memiliki air. Maka Hajar berlari dari bukit Safa ke Marwa hingga tujuh kali, demi mencari air. Tak juga ia mendapatkannya. Namun, air justru memancar dari bawah kaki bayinya. Itulah sumber mata air zam zam yang kemudian membuat tempat itu menjadi sebuah kota. Makkah. Banyak musafir yang berhenti di sana. Dan kemudian setelah dibangun ka’bah, ia menjadi kota yang lebih banyak dikunjungi, hingga saat ini jutaan orang tiap tahun mengunjungi kota suci tersebut untuk berhaji.

“Allah menakdirkan di sana juga tumbuh sebuah kota, yang tak pernah ada sebelumnya dan hal ini dikarenakan kesalehan Hajar. Allah mengangkat derajatnya di dalam Al-Qur’an, dia diangkat derajatnya hingga hari ini. Jutaan muslim di seluruh dunia pergi berhaji. Baik pria dan wanita melakukan ritual dari seorang wanita? Apa yang kita lakukan? Kita berlari-lari kecil di antara Safa dan Marwa hanya karena seorang wanita,” kata Bilal Assad dalam ceramah itu. Ia kemudian mengajak umat Islam untuk meneladani Hajar. Agar umat Islam mencari kemuliaan dari Allah, bukan berambisi ingin dihormati manusia.

Diantara keunggulan video ceramah ini, selain kata-katanya yang sarat makna juga backsound-nya yang cukup membantu kontemplasi. Ditambah dengan video masjidil haram di bagian akhir ceramah, membuat pemirsa semakin menghayati.

Top