UNIK! Kereta Kencana Bawa Bendera Pusaka ke Istana


Hari kemerdekaan memang telah lewat, namun dibalik megahnya perayaan hari kemerdekaan tahun ini, masih menyisakan cerita-cerita unik yang patut untuk kita ulas.

dikutip dari indoheadlinenews, warga Kabupaten Purwakarta sepatutnya berbangga hati. Karena satu dari tiga kereta kencana milik pemerintah dipinjam Istana Negara untuk merayakan HUT Kemerdekaan 17 Agustus.

Kereta Kencana yang dipinjam tersebut dinamai Ki Jaga Raksa, dipinjam untuk membawa bendera pusaka.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta gelar beberapa ritual sebelum melepas salah satu pusaka keramat tersebut.

Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta berkata, peminjaman kereta kencana tersebut menjadi kebanggan tersendiri bagi rakyat purwakarta.

Karena kereta itu adalah ikon Purwakarta yang menjadi cerminan sejarah dan kekayaan budaya di sana.

"Kereta kencana ini ikon, khusus pada upacara peringatan hari kemerdekaan tahun ini bendera pusaka akan dibawa oleh Ki Jaga Raksa. Tentu, ini merupakan kebanggaan untuk seluruh masyarakat Purwakarta," kata Dedi, saat ditemui di Bale Negri, Kamis (11/8) dilansir Radar Karawang (Grup Jawa Pos).

"Pak Jokowi memiliki intuisi kebudayaan yang luar biasa, intuisi ini mulai muncul dalam tatanan kenegaraan, saya kira ini bagus karena Indonesia ini kaya akan kebudayaan Nusantara. Nanti itu dalam upacara peringatan hari kemerdekaan, beliau ingin memadukan budaya militer kerajaan dan budaya militer kekinian," kata bupati yang akrab disapa Kang Dedi tersebut.

"Bukan tidak mungkin kita di Purwakarta melakukan hal yang sama seperti Pak Jokowi lakukan. Selama ini, SOP upacara bendera selalu dinilai kaku dan membosankan. Kalau kita tambahkan ornamen tradisional tentu ini perubahan terhadap sejarah. Patut kita apresiasi tentunya,” ujar Dedi.

UNIK banget kan, tidak hanya di Inggris, Indonesia juga punya banyak kereta kencana loh, uniknya, tahun ini dipakai untuk bawa bendera pusaka, unik banget kan ?. Jangan lupa bagikan ya
Top