Udah Sering Rencanain Traveling Sejak Lama Tapi Batal? Inilah Alasannya!


Apa kalian pernah ngerasain ketika kalian sudah ngerencanain lama soal mau traveling ke suatu tempat, tapi tiba-tiba apa yang udah direncanakan malah tidak jadi alias batal.? Tapii, banyak kejadian yang berbanding terbalik, traveling yang bahkan baru dibicarakan semalam malah esok harinya langsung bisa berangkat.

Mungkin kalian akan bertanya-tanya kenapa traveling yang gak direncanain alias dadakan jauh lebih sering berhasil, ketimbang yang udah dikonsep mateng-mateng. Ini dia jawabannya…

Kalian kurang over expectation kalau traveling tanpa rencana.

Ketika kalian sudah punya runtutan detail perjalanan, yang kalian bayangkan ya yang kalian rencanakan itu. Kecil kemungkinan kalian merencanakan hal yang tak menyenangkan. Bayangan kalian pun pasti hanya tentang betapa indahnya liburan di kota ini atau di pulau itu. Lain halnya kalau kalian liburan dadakan alias tanpa rencana yang matang. Kalian nggak punya ekspektasi apapun terhadap perjalanan kalian itu. Kalian nggak akan melakukan riset lebih dulu, dan kemudian menemukan foto-foto yang bagai racun dan berharap foto (yang mungkin editan itu) serupa yang akan kalian temui disana. Traveling dadakan, akan membuat kalian tak memiliki prasangka apapun terhadap destinasi tujuan kalian, percayalah.

BACA JUGA : Bersaing Dengan Rekan? Baca Tips Bersaing Secara Sehat Di Tempat Kerja Berikut Ini

Selain ekspektasi kalian berlebih karena sudah punya rincian ini itu, ketika traveling dengan rencana kalian juga sudah membayangkan berbagai hal negatif ketika berada di tempat tujuan


Coba kalian ingat-ingat lagi, bukankah seringnya traveling dengan riset menyeluruh dan itinerary itu membuat kalian segan untuk beranjak? Nggak semua hasil riset kalian itu bagus kan? Tentu ada pengalaman kurang mengenakkan dari wisatawan lain yang berhasil kalian dapat dari hasil pencarian kalian itu. Pertanyaan macam, nanti jalan kesananya beneran bisa naik ini ya? Udah sampai sana ternyata tempatnya nggak asik terus gimana? Kalau ditipu scammer, gue harus ngapain? Ya, ketakutan-ketakutan yang sejatinya hanya ada dalam benak kalian ini yang seringkali pada akhirnya membuat nggak berkembang dan batal berangkat kemana-mana.

Ingat, traveling itu untuk memperoleh kebebasan. Apa artinya kalau saat traveling kalian masih terikat pada aturan (meskipun itu kalian buat sendiri!)


Telusuri niat traveling kalian dulu, jangan sampai aturan yang kalian rinci tadi membatasi proses traveling kalian, dan malah akan merusak tujuan kalian sendiri. Karenanya, traveling dadakan bisa membuatmu merasakan hakikat kebebasan itu tanpa terikat pada jadwal yang secara sadar kalian susun. Nggak semua ide, tentang destinasi misalnya, muncul saat kalian sedang meriset. Bagaimana kalau kalian tahu secara spontan dari orang lokal? Tanpa ada rencana yang pasti, kalian akan lebih leluasa dan tak merasa berdosa ketika memutuskan berhenti atau berbelok sesuka hati. Kebebasan ini tak mungkin kalian rasakan dalam keseharian, iya kan?

Kalian akan lebih leluasa menyikapi segalanya kalau tanpa rencana. Tanpa disadari, cara ini akan membuat kalian setingkat lebih dewasa!


Balik lagi soal kesulitan-kesulitan apa saja yang mungkin kalian dapatkan dalam petualangan. Ketika itu, kalian akan belajar membuat keputusan. Yang entah dari mana asal usulnya, bagaimanapun caranya, kalian harus punya keputusan untuk diri kalian sendiri. Perjalanan tak berencana adalah penambangan pengalaman tak terduga. Pengalaman-pengalaman inilah yang akan memperkaya pribadi kalian, dan jadi oleh-oleh paling berharga untuk dibawa pulang. Ketika, kalian baru tahu ada acara adat menarik di destinasi traveling kalian, kalian akan lebih bisa extend kan? Bayangin kalau kalian sudah booking tiket duluan, apa nggak sayang? Belajar memutuskan sesuatu sendiri, tanpa ada intervensi dari manapun itu termasuk ciri kedewasaan, kan?

Pada akhirnya, rencana hanyalah rencana. Tuhan yang menentukan juga.


Manusia hanya bisa merencanakan, dan Tuhan tetap jadi penentu mutlak dalam ragam tragedi dan peristiwa kehidupan. Walau kalian sudah riset menyeluruh, apa iya perjalanan kalian yang direncanakan itu berjalan sempurna sesuai rincian? Nggak mungkin. Jadi kalau memang begini, apa salahnya kalian mencoba traveling dadakan alias tanpa rencana di genggaman? Sesekali, kalian perlu mencoba dan merasakan sensasinya. Sesekali, kalian butuh melangkah tanpa perlu banyak mikir ini itu. Biarkan nasib yang menuntun kalian.
Top