Tunggu Apa Lagi? Segera Lakukan 5 Hal Ini, Jika Asam Murat Dalam Tubuh Berlebih

Asam murat memang sangat umum dan tidak jarang dialami masyarakat Indonesia. Asam murat sendiri, sebenarnya adalah limbah tubuh yang dihasilkan dari metabolisme makanan.  Semakin banyak makan makanan yang mengandung asam urat, maka produksi asam urat di tubuh akan berlebih.



BACA JUGA: Seperti ini Penampakan Tiang Lampu Tempat Shandy Diikat dan Tersetrum

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh, akan menimbulkan nyeri di beberapa bagian tubuh. Nah, bagi kamu yang memiliki kadar asam urat tinggi, segera lakukan 5 hal ini ya.. Seperti yang dikutip dari Merdeka.

Ganti pola makan


Jika anda sering menderita asam urat, coba periksa kembali pola makan yang selama ini Anda lakukan. Hindari mengonsumsi makanan tinggi purin (zat kimia yang mampu menyebabkan produksi asam urat) seperti daging merah, ikan kalengan, jerohan, kacang-kacangan, kembang kol, dan jamur. Batasi pula penggunaan garam berlebih dalam masakan.

Kurangi kadar gula


Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari livestrong.com, mengonsumsi minuman seperti soda dengan gula berlebih mampu meningkatkan produksi asam urat meskipun Anda tidak minum jenis minuman manis lainnya.


Batasi asupan alkohol


Jika Anda seorang peminum alkohol, sebaiknya batasi konsumsi alkohol Anda. Sebab kandungan ragi di dalamnya mampu memproduksi asam urat berlebih.

Diet


Berat badan berlebih hingga cenderung obesitas mampu meningkatkan asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu ketika Anda merasa bahwa berat badan Anda sudah berlebih, kurangi lemak tubuh secara bertahap dengan menerapkan pola makan sehat dan banyak beraktivitas.

Banyak Minum Air

Minum banyak air dan menghidrasi tubuh sangatlah penting. Sebab air akan mencairkan kadar asam urat dalam tubuh dan bertindak sebagai katalis yang mampu mengusir limbah dari ginjal ke kandung kemih.



Tingginya kadar asam urat dalam tubuh jika dibiarkan mampu merusak fungsi anggota tubuh lainnya. Oleh karena itu segera lakukan tindakan pencegahan sederhana di atas jika Anda ingin terhindar penyakit asam urat.

Tak sulit kan? Dengan melakukan 5 hal itu dan dilakukan secara teratur, dijamin kadar asam urat dalam tubuh akan normal kembali.
Top