Tips Ampuh, Mengontrol Nafsu Syahwat yang Begitu Besar

Manusia diciptakan berbeda dengan malaikat dan disamakan dengan tumbuhan dan hewan, yakni memiliki nafsu. Nafsu sendiri diciptakan agar manusia bisa bertahan hidup dan melanjutkan keturunannya.



BACA JUGA: Garam Ampuh Usir Makhluk Halus?

Salah satu nafsu yang bisa membuat seseorang berdosa adalah nafsu syahwat yakni nafsu yang membuat birahi kita terangs*ng. setiap orang pun memiliki nafsu syahwat yang berbeda, ada yang sedikit da nada pula yang besar.

Nah, bagi yang memiliki nafsu syahwat besar, biasanya kesulitan dalam mengontrolnya sehingga timbullah dosa yang disebut dengan Dzina. Tentu saja dosa ini sangat besar dan dilaknat oleh Allah SWT. Sebearnya cukup mudah untuk mengatasinya, dengan 5 tips ini InsyaAllah nafsu kita bisa terkendali, seperti yang dikutip dari Islampos.

1. Quwwatul iman

Sesungguhnya iman kepada Allah merupakan benteng untuk melawan segala sesuatu yang berbau haram dan kemaksiatan. Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang pezina berzina ketika dia dalam keadaan beriman,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka tidak heran apabila kita dapati orang beriman yang tidak pernah melakukan dosa. Sebab ia menyadari bahwasanya Allah mengetahui segala sesuatu yang dilakukannya. Oleh sebab itu, ia selalu berusaha untuk melawan godaan setan untuk menjerumuskannya.

2. Puasa

Ya, ketika begitu banyak godaan dari setan yang menjerumuskan manusia ke dalam kemaksiatan. Sebisa mungkin kita harus bisa melawannya, salah satu caranya adalah dengan berpuasa. Ketika seorang muslim hendak menikah, akan tetapi ia belum mampu. Maka solusi yang tepat bagi dirinya agar terjaga dari kehinaan ialah dengan berpuasa. Puasa mendidik manusia untuk lebih bersabar, dan tahan dalam menghadapi hawa nafsu.

3. Menjauhi Dosa Kecil

Banyak kaum muslim yang mungkin menyepelekan hal ini Mereka banyak yang hanya menghindari dosa besar saja, padahal jika ditelaah dosa kecil juga bisa berpotensi menjadi dosa besar apabila dilakukan terus menerus. Selain itu, dosa kecil juga menjadi media bagi setan untuk lebih menyesatkan manusia.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan men-dapati kebanyakan mereka bersyukur (taat),” (QS. Al A’raf: 17).

4. Melihat Nikmat Surga

Memikirkan nikmatnya surga menjadi salah satu solusi agar kita bisa melawan hawa nafsu. Harapan menjadi salah satu penghuni surga dengan segala kenikmatannya akan membuat seseorang menjadi lebih bersemangat dalam melakukan amalan kebaikan. Selain itu, orang tersebut juga akan sebisa mungkin mengalahkan godaan setan selama hidup di dunia.

5. Doa

Ya, doa menjadi senjata bagi kaum muslimin, sebab dengan berdoalah seseorang menjadi lebih dekat kepada Allah.

Tak sulit kan.. Dengan menggunakan 5 metode diatas, ditambah niat yang kuat, Insyaallah, Allah senantiasa membantu.
loading...
Top