Tidak Bisa Kentut? Simak Tips Penting Cara Mengatasinya


Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan beberapa poin terkait penyebab sulitnya kentut. Yang pasti dengan susah kentut hal tersebut jelas sangat tak nyaman, karena angin terus-terusan berada di dalam perut dan tak bisa dikeluarkan. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tidak bisa kentut, simak paparan berikut ini.

SEBELUMNYA : 10 Poin Penyebab Anda Tak Bisa Kentut, Hati-hati!

Manfaatkan Jahe


Jahe selain dapat menjadi sebuah obat batuk yang alami, jahe pun mampu mengobati atau mengatasi masalah sulit buang gas. Terlepas dari efek samping jahe yang mungkin agak mengkhawatirkan, rempah satu ini akan berperan ampuh membantu angin keluar dari dalam tubuh.

Cukup dengan menyediakan jahe 20 gram, berikut juga cengkih 10 butir, kapulaga 6 butir, lengkuas 30 gram, serai 2 batang dan gula aren seperlunya, Anda sudah bisa mulai membuat ramuannya. Seluruh bahan dapat Anda campurkan bersama air bersih sebanyak 600 ml. Rebuslah sampai sisanya mencapai 300 ml dan ketika sudah selesai, saring dulu sebelum meminumnya.

Gunakan Jinten


Jinten adalah salah satu bahan yang juga baik untuk kelancaran pencernaan tubuh. Karena aromanya yan khas dan mampu membuat kelenjar air liur dalam mulut aktif, jinten menjadi bahan tradisional yang akan mengatasi masalah pencernaan. Ada thymol juga yang terdapat di dalam jinten, yaitu sebuah komponen yang bisa mengaktifkan pankreas.

Fungsi pankreas dalam mengeluarkan enzim pencernaan bisa ditingkatkan oleh bantuan thymol. Hal ini sama seperti empedu yang membuat pencernaan terstimulasi. Cobalah untuk menggunakan bahan tradisional ini selain dari jahe. Mengonsumsi jinten akan memberikan hasil maksimal untuk pengeluaran gas dari dalam perut.

Minum Obat-obatan


Apabila Anda ke dokter, biasanya akan ada obat-obat tertentu yang akan diberikan kepada pasien yang sulit buang angin. Kalau memang sulitnya kentut dikarenakan oleh serangan bakteri maupun jamur, maka obat antijamur dan antibiotiklah yang akan diresepkan. Pasien perlu mengonsumsi obat-obatan seperti ini hanya dalam rentang waktu 10-14 hari saja dan sebaiknya tak lebih dari itu. Obat pereda nyeri pun akan diberikan ketika pasien memiliki keluhan sakit atau nyeri di bagian tertentu.

Operasi


Apakah separah itu sulit buang angin sehingga harus dioperasi? Apabila memang dokter menemukan bahwa bagian peritoneum harus diangkatkarena kerusakan yang serius, tentu jalan operasi adalah yang terbaik. Obat pereda nyeri tak lagi mampu untuk mengatasinya dan dokter umumnya akan mengangkat bagian tersebut serta melakukan proses pengeringan abses.
Top