Tenggorokan Sering Gatal? Ketahuilah Penyebabnya Segera


Saat musim seperti sekarang ini banyak orang yang mengeluhkan tenggorokannya sakit, gatal dan serak. Mengetahui penyebab tenggorokan gatal berguna untuk mencegah terjadinya berbagai macam penyakit tenggorokan. Selain membuat tidak nyaman, penyakit tenggorokan bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi lainnya.

BACA JUGA : Suka Minum Es Tebu? Ketahui 6 Efek Samping Mengkonsumsi Air Tebu

Komplikasi yang bisa terjadi ketika penyakit tenggorokan datang adalah suara serak, susah untuk menelan, tidak nyaman, tenggorokan seperti tersumbat dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah penyebab tenggorokan gatal yang harus dihindari dan diwaspadai :

Infeksi Virus


Hal pertama yang bisa menjadi seseorang menyebabkan tenggorokannya gatal karena di dalam tenggorokannya terdapat infeksi virus. Infeksi inilah yang paling umum terjadi ketika seseorang merasakan tenggorokannya gatal dan biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal. Kebanyakan disebabkan oleh virus. Saat seseorang terserang infeksi seperti infeksi virus influensa, di dalam tubuhnya akan terdapat virus yang menyerang sistem imun sehingga virus itu menyerang tenggorokan dan menyebabkan gatal. Virus influensa inilah yang nantinya menyebabkan penyakit seperti pilek dan juga batuk.

Infeksi Jamur


Penyebab kedua tenggorokan terasa gatal adalah adanya infeksi jamur yang ada di tenggorokannya. Infeksi jamur ini biasanya menyerang seseorang dengan sistem imun yang lemah misalnya saja adlah dia mengalami penyakit autoimun seperti HIV Aids dan juga lupus. Orang yang mengalami HIV AIDS maupun lupus dia memiliki mulut yang dipenuhi oleh jamur, biasanya jamur itu akan menular ke bagian tenggorokan. Oleh sebab itu orang yang mengidap penyakit autoimun tersebut sebaiknya memperhatikan pertumbuhan jamur yang ada di mulutnya. Jika sudah terkena infeksi jamur mulut, infeksi itu akan sulit disembuhkan mengingat sistem imun yang ada di dalam tubuhnya sudah tidak normal kembali.

Alergi


Penyebab tenggorokan gatal yang lainnya adalah adanya alergi. Alergi ini tidak boleh disepelekan sebab bisa menyebabkan kematian.  Hal itu dikarenakan saat mengkonsumsi makanan dan minuman yang memicu alergi, tubuhnya akan langsung bereaksi. Salah satunya adalah menjadi penyebab tenggorokan menjadi gatal. Saat melewati tenggorokan, zat pemicu alergi yang ada di dalam makanan itu akan menempel di tenggorokan kemudian menjadi penyebab gatal di sana. Tidak hanya itu saja, orang yang mengalami alergi selain tenggorokan gatal akan dipicu dengan reaksi tubuh lainnya seperti sesak napas, mata berair dan juga hidung meler. Gejala alergi berupa sesak napas inilah yang harus diwaspadai, sebab jika tidak segera diatasi orang yang sesak napas akan kehilangan oksigen, saat kehilangan oksigen peredaran darah yang ada di dalam tubuhnya menjadi tidak lancar. Hal itulah yang patut dikhawatirkan ketika alergi seseorang kambuh.

Efek Pengobatan


Tenggorokan yang gatal bisa disebabkan oleh berbagai macam efek pengobatan dan juga efek dari obat obatan tersebut. Efek dari oat keras biasanya langsung terasa di tubuh. Contohnya saja adalah orang yang mengalami penyakit diabetes, melakukan pencangkokan organ dan juga menjalani pengobatan lupus maupun kanker biasanya akan diberikan berbagai macam obat yang keras. Efek dari kemoterapi dan obat obatan yang diberikan oleh dokter itu bisa berdampak pada kesehatan tubuh dan sel sehat. Sehingga tidak mengherankan orang yang sehabis melkukan pengobatan itu akan merasakan pusing, mual muntah dn tenggorokan terasa gatal bahkan panas.

Iritasi


Tenggorokan yang gatal juga disebabkan oleh iritasi. Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami iritasi yaitu polusi udara yang semakin ektrim seperti sekarang ini, merokok dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu disaat anda bepergian keluar rumah, ada baiknya anda menggunakan masker untuk melindungi mulut dan hidung anda, hal itu bagus untuk membuat anda terhindar dari zat polutan yang berbahaya dan terhindar dari asap rokok.
Top