Tangani Segera, Inilah Tips Ampuh Cara Obati Alergi


Alergi adalah respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang memiliki alergi memiliki sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap suatu zat yang biasanya tidak berbahaya di suatu lingkungan.

Penyebab alergi yang terjadi berbeda-beda, tergantung kondisi dan dimana objek terkena alergi.

WAJIB BACA : Sering Terkena Alergi? Waspadai Penyebabnya Segera

Dengan penyebab alergi yang berbeda-beda, maka berbeda juga jenis pengobatan atau penanggulangannya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengobati alergi.

Mengkonsumsi obat antihistamin

Obat antihistamin jenis CTM dan difenhidramin, Cetirizine dan loratadine yang mampu meredakan efek gatl gatl dan panas pada permukaan kulit dan menghilangkan pembengkakan, Naun obat tersebut dilarang bagi ibu hamil yang sedang mengalami ciri ciri alergi kulit, Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan terdekat sebelum anda mengkonsumsinya, Hal ini sangat berhubungan dengan kesehatan pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan.

Pemakaian obat alergi Kontikosteroid sistematik

Obat alergi jenis kontikosteroid sistematik dapat diberikan pada jenis alergi tingkat sedang sampai berat yang dialami anak anak maupun orang dewasa yang kadarnya telah disesuikan atas rekomendasi dokter yang terkait. Untuk mengatasi kulity yang telah mengalmi ciri ciri alergi jenis ringan secara sistematik dapat menggunakan obat jenis chlorfeniranin atau cetirizine dalam bentuk tablet.

BACA JUGA : Waspadai Segera, Ciri-Ciri Tubuh Anda Terkena Alergi atau Penyakit Serius?

Antisipasi obat alergi Kortikostreoid topikal 

Ketika ciri ciri alergi telah terlihat namun belum muncul bentol atau biduran yang banyak pada permukaan kulit sebaiknya segerab dilakuakn pengobatan luar berupa pengolesan krim, Salep, Bedak kocok, dan sebagaianya yang sebelumnya telah disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit yang bersangkutan. Kondisi ini sangat membantu agar alergi mudah untuk disembuhkan . Pemakaian obat alergi kortikosteroid topikal dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan cepat. Jenis obat tersebut meliputi hidrokortision dan triamsinolon.

Menghindari bahan pakaian tertentu

Bahan pakaian yang berserat, Tebal dan terbuat dari bulu cenderung menyebabkan alergi pada kulit karena bahan pakaian tersebut dapat menahan keringat untuk tetap berada pada permukaan kulit dalam jangka waktu yang lama, Sedangkan bahan pakaian yang telah terkontiminasi dengan debu atau radikal bebas dari polusi udara akan berakumulasi dengan keringat lalu menyebabkan seseorang mudah terserang ciri ciri alergi berupa gatal gatal dan timbul iritasi. Pakailah pakaian yang mempunyai efek mendinginkan dan mampu mengikat / menyerap keringat kisalnya bahan katun.

Selektif memilih makanan dan minuman 

Kenali karakter dan jenis kulit anda dan mampulah untuk menolak apapun bentuk makanan atau minuman yang dapat menyebabkan kulit terserang ciri ciri alergi. Walaupun hanya mengkonsumsi sedikit, Alergi akan tetap muncul dalam bentuk ruam ruam, Bentol dan rasa gatal yang sama seperti anada mengkonsumsinya dalam kadar yang cukup banyak.

Memakai pelindung mulut

Untuk menghindari serangan radikal bebas yang telah terkontiminasi dengan polusi udara dabn bakteri maka pakailah selalu masker mulut. Biasanya polusi udara akan mudah masuk lewat rongga mulut yaitu ketika seseorang sedang terlibat pembicaraan. Pemakaian maskker julut dinilai efektif untuk mencegah bakteri dan polusi masuk kedalam mulut dengan mudah atau bahkan sangat penting untuk menghindari penularan penyakit dari orang lain yang biasanya bisa datang melalui udara, Debu atau Percikan bersin agar terhindar dari ciri ciri alergi yang menyerang permukaan kulit.
Top