Tak Perlu Obat, Yakin Flu Bisa Lebih Cepat Sembuh Jika Didiamkan?


Flu adalah salah satu penyakit yang imbasnya sangat besar bagi aktifitas kita. Tubuh terasa tidak nyaman bahkan sering pula disertai dengan sakit kepala dan demam. Dengan kondisi tubuh seperti itu, tentu kita ingin segera menyembuhkannya agar bisa beraktivitas seperti biasa.

Salah satu cara paling umum yang dilakukan untuk menyembuhkan flu adalah dengan mengkonsumsi obat. Namun, meminum obat ternyata membuat flu lebih betah berlama-lama di tubuh lho Dreamers. Justru flu yang dibiarkan dan tidak diobati akan lebih cepat sembuh. Benarkah?

Dikutip dari Dreamers, peneliti Kanada telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit saat terkena flu justru menyebarkan partikel-partikel virus lebih banyak, dan mungkin akan membuat flu tersebut bertahan lama jika dibandingkan dengan tidak diobati.

BACA JUGA : Waspadai Segera, Ciri-Ciri Tubuh Anda Terkena Alergi atau Penyakit Serius?

Salah satu kemungkinanya adalah bahwa obat tersebut dapat menurunkan demam, di mana virus merasa lebih sulit untuk dihilangkan pada suhu tubuh di atas 37 derajat C.

Penelitian di Inggris juga menemukan bahwa ibuprofen memiliki kemungkinan memperpanjang flu. Profesor Paul Little dari University of Southampton menemukan bahwa orang yang mengobati flu dengan ibuprofen lebih mungkin untuk kembali ke dokter atau rumah sakit dengan penyakit (flu) yang belum sembuh.

“Ibuprofen menekan peradangan, dan itu mungkin juga menekan bagian penting dari respon tubuh terhadap infeksi,” ungkapnya. Meski begitu, pola hidup yang sehat dan tetap dijaga serta istirahat yang cukup tentu dapat mempercepat proses penyembuhan.
Top